DPW Nasdem Tunggu Ujung Kasus Pelaporan Somvir, Pastikan Pasang Badan Bela Kader

  • Whatsapp
SEKRETARIS DPW Nasdem Bali, I Nyoman Winata. Foto: hen
SEKRETARIS DPW Nasdem Bali, I Nyoman Winata. Foto: hen

DENPASAR – Makin kencang upaya menggoyang posisi Dr. Somvir sebagai anggota DPRD Bali, makin kuat pembelaan dari Partai Nasdem untuk kadernya itu. Setelah DPD Partai Nasdem Buleleng menyatakan pasang badan untuk Somvir, pernyataan bernada serupa juga lahir dari DPW Partai Nasdem Bali.

“Kami akan menunggu putusan sesuai jalurnya, baik itu yang di DKPP atau di tempat lain,” sebut Sekretaris DPW Nasdem Bali, I Nyoman Winata, Rabu (11/8/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih jauh Winata berujar, sejak kasus itu bergulir, dia selaku Sekretaris DPW selalu berpesan kepada Somvir agar menghormati prosedur hukum yang dilalui. Terkait pernyataan Ketua DPD Partai Nasdem Buleleng, Made Suparjo, yang akan membentengi Somvir dalam perjalanan kasusnya itu, Winata menyatakan hal senada. Kata dia, DPW Partai Nasdem memiliki pandangan yang sama dengan Suparjo bahwa sebenarnya di internal partai tidak ada masalah apa-apa terkait melenggangnya Somvir ke DPRD Bali. Dia justru bernada heran, karena persoalan Somvir sejak awal sampai saat ini terlihat berputar-putar begini saja.

“Tapi apapun itu, kami menghormati jalur hukum. Pak Somvir juga sudah dinasihati, jalankan dan hormati prosedur hukum yang dijalani. DPW Partai Nasdem selalu konsisten dan mendukung kader yang kena masalah. Kami juga tiap hari menjalin komunikasi dengan Pak Somvir (terkait perkembangan kasusnya),” ungkapnya.

Baca juga :  Polres Bangli Minta Satgas Gotong Royong Diaktifkan Kembali

Mengenai pelaporan Somvir itu tidak lepas dari konflik internal, Winata tidak begitu lugas menjawab. Meski mengakui ada oknum di tubuh partai diduga bermain, dia berkata partai melihat tidak ada masalah. Di sisi lain, walau tidak membantah ada riak-riak kecil di internal itu, buru-buru dia menambahkan bukan berarti Nasdem tidak kondusif. Soal kasus ini akan bermuara ke mana, dia mengajak semua pihak memakai jalur hukum sebagai penentu akhir.

“Jika memang pada akhirnya tidak terbukti apa yang dituduhkan (terhadap Somvir), partai pasti akan bersikap. Kami menunggu putusan sesuai jalur, baik putusan di DKPP dan Polda,” sambung politisi kalem itu.

Nasdem, imbuhnya, memberi perhatian serius atas persoalan yang menimpa Somvir itu. Ketua DPW Nasdem Bali, Julie Sutrisno Laiskodat, juga disebut hadir dalam sidang virtual di DKPP terkait pengaduan atas dana kampanye Somvir yang ditulis nol, Senin (2/8/2021). “Kami akan menuruti proses hukum, kalau diminta ikut sidang ya ikut sidang. Pak Somvir juga kami sarankan selalu hadir dan hormati proses hukum yang berlaku,” ucapnya menegaskan.

Disinggung adanya rumor Nasdem akan memberi sanksi kepada oknum internal yang diduga menjadi dalang pelaporan Somvir ke DKPP itu, Winata enggan menanggapi. Dia beralasan tidak boleh menduga-duga sebelum ada buktinya, dan menyerahkan kepada proses hukum yang akan membuka tabir permainan oknum internal itu dengan sendirinya. Jika kemudian proses hukum mengarah ke oknum yang tidak disiplin, dia menjamin partai niscaya menjatuhkan sanksi.

Baca juga :  Pemkab Gianyar Evaluasi Penggunaan SIKP

“Tapi sampai sekarang belum terbukti, saya belum berani prediksi (oknum itu) sampai semua dipaparkan jelas dengan proses hukum. Yang jelas Pak Somvir tetap anggota DPRD,” katanya menandaskan.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Nasdem Buleleng, Made Suparjo, Jumat (6/8/2021) mengaku siap membela Somvir selaku kader partai. Suparjo pun yakin proses persidangan yang masih berjalan saat ini, putusannya tidak akan mempengaruhi posisi Somvir selaku anggota DPRD Bali mewakili Nasdem.

Suparjo juga minta seluruh kader atau simpatisan Nasdem memiliki jiwa sportivitas ketika berkompetisi dalam Pemilu. Dengan cara itu tercipta suasana kondusif, terlebih sekarang ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Partai siap back up (dukung) kader. Terbukti meraih suara terbanyak, jadi partai memberi siapa yang berhak atas kursi itu (berdasarkan perolehan suara). Ya, marilah munculkan jiwa sportif, kalau kalah terima,” tegas Suparjo. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.