Disperindag-BPBD Gianyar Validasi, 563 Pedagang Pasar Blahbatuh Terdampak Kebakaran

  • Whatsapp
KEPALA Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar,Gianyar, Luh Gede Eka Suary, saat mendata pedagang yang terdampak kebakaran Pasar Umum Blahbatuh. foto: adi

GIANYAR – Sebanyak 563 pedagang Pasar Umum Blahbatuh yang terdampak kebakaran akan menerima stimulus. Mereka terdiri dari 22 pedagang toko, 243 pedagang kios/los, dan 298 pedagang pelataran. Data itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar, Luh Gede Eka Suary, usai melakukan validasi pedagang, Jumat (2/7/2021).

Dia memaparkan, dari hasil pendataan, nilai stimulus yang akan diterima setiap pedagang tidak sama. Saat ini data pedagang telah diserahkan ke BPBD. “Data sudah rampung, tinggal mencocokkan dengan BPBD, dan yang melegalkan dengan SK dan jumlah besaran,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Kepala BPBD Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba, menambahkan, saat ini BPBD Gianyar masih dalam proses koordinasi dengan Disperindag untuk merampungkan data pedagang. “Kami sedang melakukan validasi data, pihak pedagang selanjutnya dibuatkan rekening baru. Untuk penyaluran stimulus akan melalui rekening bank masing-masing pedagang,” terangnya.

Dalam validasi itu, sebutnya, ada beberapa pedagang penerima stimulus terlihat masih dobel datanya. Karena itu dia mesti sangat berhati-hati dalam validasi data pedagang. “Ini guna memastikan data Pedagang Pasar Umum Blahbatuh penerima stimulus bisa betul-betul valid. Penerima stimulus memang (harus) pedagang terdampak kebakaran pasar,” tegasnya.

Baca juga :  Disaksikan Wali Kota Jaya Negara, GKA Eka Panca Sidhi Swara Tampil Apik di PKB XLIII

Suamba mengatakan, sesuai arahan Bupati Gianyar, telah dirinci kategori dan bantuan stimulus terhadap korban kebakaran Pasar Umum Blahbatuh. Untuk pedagang toko diberikan stimulus Rp3 juta, pedagang los dan kios mendapat Rp2 juta, dan pedagang pelataran, emperan serta temporer senilai Rp750 ribu.

Kata dia, hitungannya sesuai kerugian. “Jika satu pedagang memiliki dua kios, maka besarannya dikali dua dan seterusnya. Penyerahan akan dilakukan Bupati Gianyar dan Gubernur Bali,” tandasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.