Bupati Sanjaya Tegaskan Penerapan Sistem Merit di Pemkab Tabanan Sangat Penting

  • Whatsapp
KEGIATAN sosialisasi penerapan sistem merit, di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan, Selasa (27/4/2021). foto: ist

TABANAN – Pemkab Tabanan melalui BKPSDM Kabupaten Tabanan menyelenggarakan sosialisasi penerapan sistem merit, di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan, Selasa (27/4/2021). Kegiatan tersebut dibuka Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Penerapan sistem tersebut guna meningkatkan pemahaman regulasi dan tata kelola manajemen di bidang kepegawaian, serta meningkatkan pelayanan publik yang cepat, tepat, lincah, akurat, dan akuntabel. Sosialisasi tersebut diikuti para kepala perangkat daerah secara tatap muka, juga seluruh pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Tabanan yang dilakukan secara virtual.

Bacaan Lainnya

Kepala BKPSDM Kabupaten Tabanan, I Wayan Sugatra, mengatakan, sosialisasi bertema ‘Sosialisasi Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan’, dengan mendatangkan beberapa narasumber berkompeten. Metode kegiatan berupa ceramah, diskusi, dan tanya-jawab.

Dijelaskannya, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi, dan pemahaman dalam bidang kepegawaian di masing-masing perangkat daerah.

“Ini dalam upaya meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian berdasarkan peraturan kepegawaian yang berlaku. Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar, dengan tanpa diskriminasi,” ungkap Sugatra.

Bicara tentang manajemen ASN, Bupati Sanjaya menyebut tidak terlepas dari sistem merit yang dirasa penting untuk disampaikan di kalangan ASN dalam berbagai jabatan. Hal itu agar dapat memetakan kebutuhan ASN berdasarkan kompetensi secara efektif, yang diharapkan berimbas terhadap peningkatan kinerja aparatur, serta produktivitas perangkat daerah.

Baca juga :  Simulasi Pilkada Tunjukkan Bimtek KPPS Perlu Pembenahan

“Pemkab Tabanan terus berbenah, mulai dari menerapkan peraturan-peraturan yang berlaku bagi ASN. Di antaranya penerepan seleksi terbuka (open biding) untuk perangkat daerah (JPT pratama). Melalui seleksi tersebut, maka kepala perangkat daerah akanbenar-benar bekerja sesuai dengan kemampuan dan kompetensi, dalam menerapkan atau mengambil kebijakan perangkat daerah yang dipimpin,” ujar Sanjaya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.