Bupati Dana Letakkan Batu Pertama Pembangunan SMPN 6 Abang

  • Whatsapp
BUPATI Karangasem, I Gede Dana, meletakkan batu pertama pembangunan unit SMPN 6 Abang, Rabu (1/9/2021). foto: ist

KARANGASEM – Bupati Karangasem, I Gede Dana, meletakkan batu pertama pembangunan unit SMPN 6 Abang, Rabu (1/9/2021). Prosesi dilaksanakan bertepatan dengan hari Pagerwesi di lahan aset Pemprov Bali di Desa Tista, Abang dengan luas 10.000m2 atau 1 hektar. Penggunaan lahan ini berdasarkan perjanjian pinjam-pakai antara Pemprov Bali dengan Pemkab Karangasem.

Menurut Bupati, pembangunan SMPN 6 sebagai jawaban atas permohonan dan sekaligus mengakomodir aspirasi masyarakat di Kecamatan Abang, dalam memenuhi kebutuhan anak-anak untuk melanjutkan sekolah ke tingkat SMP, terutama SMP Negeri. Pembangunan SMPN 6 Abang dengan dua gedung berlantai dua berisi 12 ruang kelas, dua toilet dan pagar penyengker ini baru masuk pembangunan tahap I. Nilai total pagu anggaran Rp4,5 miliar dengan sumber dana APBD tahun 2021. Dia berharap gedung dapat difungsikan untuk proses belajar-mengajar pada semester 2 tahun ajaran 2021-2022.

Bacaan Lainnya

“Semoga pada tahun ajaran baru berikutnya, dengan selesainya pembangunan sekolah ini di akhir tahun 2021, penerimaan peserta didik baru tidak lagi mengalami kesulitan seperti tahun sebelumnya. Jadi, anak-anak menjadi tambah semangat melanjutkan sekolah dengan jarak cukup dekat dengan tempat tinggalnya,” ungkap Bupati.

Baca juga :  Sumantra Karang Pimpin Tidar Badung, Siap Serap Aspirasi Kalangan Milenial

Bupati Dana juga menyuarakan harapan SMPN 6 Abang setelah dibangun dan diresmikan dapat berkembang pesat. Apalagi lahan sekolah terletak di tengah-tengah wilayah Kecamatan Abang, dekat dengan jalan utama Karangasem-Singaraja, dan di sekitar sekolah dibangun Puskesmas Abang dan SMAN 1 Abang.

“Dengan berdirinya ini, saya berharap kepada satuan pendidik fokus mendidik anak didik, karena pemerintah telah berusaha menyiapkan sarana dengan baik. Anak didik kita adalah aset sumber daya manusia, yang mendukung kemajuan daerah dalam bersaing dengan kabupaten lain,” pesannya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, dalam laporannya mengatakan, latar belakang pembangunan SMPN 6 Abang diawali dengan tingginya jumlah siswa tamatan SD di Kecamatan Abang. Pun membeludaknya jumlah siswa SMP yang ditampung terutama di SMPN 1 Abang pada saat proses PPDB setiap tahunnya.

Setelah izin operasional SMP keluar tanggal 21 Juni 2019, urainya, untuk tahun ajaran 2019-2020 SMPN 6 Abang sudah menerima peserta didik baru kelas sebanyak 150 siswa atau sebanyak lima kelas. Saat itu, proses belajar-mengajar masih pinjam tempat di SDN 1 Tista. Hingga tahun ajaran 2021-2022, tegasnya, SMPN 6 Abang memiliki 425 siswa atau sebanyak 15 kelas. SMPN 6 Abang saat ini dipimpin seorang Kepala Sekolah, enam guru PNS, lima guru kontrak, dua guru pengabdi dan dua pegawai kontrak. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.