Bupati Dana Instruksi Kesiagaan Penuh Antisipasi Bencana Alam

BUPATI Karangasem, I Gede Dana, saat memimpin apel disiplin di kantor BPBD Karangasem dan Dinas PUPR-Kim Karangasem, Senin (10/6/2024). foto: ist

POSMERDEKA.COM, KARANGASEM – Bupati Karangasem I Gede Dana menginstruksikan petugas penanggulangan bencana dari BPBD Karangasem dan Dinas PUPR-Kim Kabupaten Karangasem untuk terus bersiaga penuh dan bergerak cepat dalam mengantisipasi bencana alam. Hal ini disampaikan karena bencana alam masih terus melanda Karangasem sejak Jumat (7/6/2024) hingga Minggu (9/6/2024), meski intensitas hujan menurun.

Untuk memastikan laporan yang masuk dan tindak lanjut yang dilakukan dua OPD tersebut, Bupati Dana secara khusus mendatangi kantor BPBD Karangasem dan Dinas PUPR-Kim Karangasem, serta memimpin apel disiplin pada Senin (10/6/2024) pagi.

Bacaan Lainnya

Dalam apel tersebut, Bupati Dana menegaskan pentingnya merespons setiap laporan dari masyarakat dengan cepat. Dia juga memberi semangat dan apresiasi kepada petugas, yang kerja keras menangani bencana akibat intensitas hujan deras beberapa waktu lalu, dan yang masih bersiaga hingga saat ini. “Saya berharap petugas dapat menjaga kesehatan agar dapat bertugas dengan baik,” pesannya.

Bupati Dana juga berterima kasih kepada semua petugas dan masyarakat yang bekerja keras dalam kondisi yang penuh tantangan ini. Dia menjamin Pemkab akan terus berupaya maksimal agar dampak bencana dapat diminimalisir, dan pemulihan dapat berjalan lancar.

Baca juga :  Dewan Lobar Komitmen Kawal Perbaikan Rumah Korban di Desa Mareje

Kepala Dinas PUPR-Kim Karangasem, Wedasmara, melaporkan, jajarannya terus berkoordinasi dengan BPBD Karangasem dan instansi terkait lain untuk memastikan penanganan bencana dapat dilakukan cepat dan efektif.

“Petugas kami bersama-sama dengan masyarakat telah berupaya menyingkirkan material tanah longsor di Banjar Dinas Batu Gede, Desa Duda Timur, dan membersihkan pohon tumbang di Banjar Dinas Seraya, Desa Antiga. Kami menyadari upaya ini masih memerlukan penanganan lanjutan, terutama di wilayah-wilayah yang tanahnya labil dan rawan longsor,” katanya.

Lebih jauh disampaikan, instansinya merencanakan pengiriman alat berat ke lokasi-lokasi bencana untuk mempercepat proses penanganan. Dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati saat melintas di daerah rawan bencana. “Prioritas kami adalah memastikan keselamatan dan aksesibilitas bagi seluruh warga Karangasem,” lugasnya.

Dari BPBD Karangasem, Bupati Dana mendapat laporan hingga saat ini BPBD Karangasem menerima laporan sebanyak 49 titik bencana akibat hujan deras. Beruntung, bencana-bencana tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Meski demikian, kerusakan yang ditimbulkan cukup signifikan dengan kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.