Bupati Badung Terima Kunjungan Kerja Wali Kota Makassar, Diskusi Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Pada Masa Pandemi

  • Whatsapp
BUPATI Badung, Nyoman Giri Prasta (kiri) saat menerima Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, beserta rombongan saat kunjungan kerja Pemkot Makassar ke Puspem Badung, Selasa (12/10/2021). Foto: ist

MANGUPURA – Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, menerima kunjungan kerja Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, beserta Kabag Protokol Pemkot Makassar, M. Zuhur; Kadispora Makassar, Husni Mubarak; Kadis Pariwisata Makassar, Mohammad Roem; dan Staf Ahli Pemkot Makassar, Maqbul Halim, dalam rangka diskusi terkait pemulihan pariwisata dan ekonomi pada masa pandemi di ruang tamu Bupati Kabupaten Badung, Selasa (12/10/2021).

Turut hadir mendampingi Bupati, Plt. Kadispora Badung, I Made Mandi; Plt. Pariwisata Badung, Cokorda Raka Darmawan; dan Kabag Prokompim Made Suardita.

Bacaan Lainnya

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Badung, sekaligus terima kasih juga karena telah memilih Kabupaten Badung menjadi tempat bertukar pikiran dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi pada masa pandemi ini. Ia mengungkapkan, pariwisata menjadi salah satu sektor ekonomi paling terdampak pandemi Covid-19 sejak mulai merebak Maret 2020 hingga saat ini.

Anjloknya jumlah wisatawan membuat ekonomi, produk hasil budaya dan tingkat konsumsi di daerah-daerah wisata pun terjun bebas. Perlu upaya pemulihan pariwisata dengan melakukan sejumlah inovasi dan terobosan, terutama dalam hal pemasaran, mencari pasar baru, serta jaminan keamanan dari ancaman Covid-19.

Baca juga :  Wabup Kasta Semangati Ujian Kenaikan Tingkat Lemkari


Upaya yang bisa dilakukan adalah menggalakkan pasar domestik, tapi tetap saja itu pembatasan-pembatasan dan protokol kesehatan tetap harus dijaga. “Makanya ada beberapa langkah yang kami lakukan dalam konteks untuk menjaga confidence wisatawan terkait dengan clean, health, safety, and environment sustainability,” kata Giri Prasta.

“Kami mempunya prinsip masyarakat Bali apalagi masyarakat Kabupaten Badung wajib menjadi tuan di rumahnya sendiri termasuk juga UMKM ini. Sehingga sekarang kita akan memanfaatkan teknologi, kita akan menunjukan ini di marketplace dengan cara bekerja sama dengan marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain,” ujarnya.

Bupati menambahkan, akan memberikan stimulus kepada UKM-UKM yang ada di Kabupaten Badung pada akhir tahun ini untuk menggiatkan ekonomi kerakyatan. Pandemi Covid-19 ini berdampak secara ekonomi terkontraksi kepada perekonomian yang ada di Provinsi Bali apalagi di Kabupaten Badung yang mengandalkan sektor pariwisata dari pajak perhotelan dan restoran.

Di Badung, kata Giri Prasta sudah melaksanakan vaksin sesuai program pemerintah dalam pemulihan pariwisata. “Vaksinasi harus kami lakukan secara cepat dan terukur. Sasaran vaksin ada empat klaster yaitu penduduk Badung, kemudian penduduk nonpermanen, pekerja pariwisata dan ekspatriat para wisatawan yang masih tinggal di Badung. Jadi ini klaster vaksinasi yang membedakan Kabupaten Badung dengan daerah lainnya,” ucap Giri Prasta.

Sementara Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, mengatakan, terima kasih atas sambutan hangat dari Pemkab Badung. Ia akan belajar lebih jauh tentang bagaimana pemulihan pariwisata dan ekonomi pada masa pandemi ini.

Baca juga :  516.450 Warga Denpasar Sudah Divaksin Covid-19 Tahap Pertama


“Terima kasih atas pengalaman, inspirasi dan teknis-teknis yang diberikan sehingga kami banyak belajar. Kami apresiasi yang seluas-luasnya karena banyak hal yang kami dapatkan,” kata Moh. Ramdhan Pomanto. nas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.