BNK Tabanan Maksimalkan Peran Sekolah-Desa Adat Berantas Narkoba

KETUA BNK Tabanan, I Made Edi Wirawan, saat memimpin rakor program kerja, di Ruang Rapat Wakil Bupati Tabanan, Selasa (15/3/2022). Foto: ist

TABANAN – Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Tabanan, I Made Edi Wirawan, bersama jajaran Tim Pelaksana Kegiatan BNK Tabanan mengkaji keterlibatan sekolah-sekolah dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba.

Edi mengungkapkan hal itu saat memimpin rapat koordinasi program kerja, Selasa (15/3/2022) di Ruang Rapat Wakil Bupati Tabanan.

Bacaan Lainnya

Terkait kajian tersebut, katanya, mengingat peredaran narkoba masih banyak terjadi di kalangan generasi muda. Keterlibatan sekolah pun dimaksudkan bukan dalam urusan penindakan, tetapi upaya pencegahan.

“Di sekolah, siswa mendapatkan pendidikan moral dan pengetahuan. Jadi, dari sekolah kita bimbing mereka melalui pemahaman tentang bahaya narkoba,” ujar Edi.

Wabup Tabanan ini yakin bahwa dengan membentuk duta antinarkoba di lingkungan sekolah akan dapat memaksimalkan program tersebut.

Hadir dalam rapat tersebut, antara lain Sekretaris BNK Tabanan, Kasat Narkoba Polres Tabanan, Kabid Satserse Polres Tabanan, Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tabanan, dan tim pelaksana teknis.

Dalam rakor tersebut juga membahas keterlibatan desa adat dalam pemberantasan narkoba, sesuai arahan Gubernur Bali, Wayan Koster, bahwa peran desa adat sangat penting dalam pemberantasan narkoba. Desa adat dikatakan memiliki kewenangan dan otoritas di wilayah masing-masing.

Baca juga :  Ini Alasan The Daddies Gagal ke Final Olimpiade Tokyo

“Langkah selanjutnya, kami akan mengeluarkan surat edaran, yang ditujukan kepada desa adat untuk terus melakukan sosialisasi, dan menguatkan pararem terkait narkoba,” tegas Edi Wirawan.

Meskipun dengan keterbatasan anggaran yang ada pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, seluruh jajaran Pengurus BNK Tabanan pun meyakini, dengan keseriusan dan semangat ngayah secara gotong royong, pasti mampu menjalankan program kerja BNK Tabanan.

“Biar bagaimanapun, kami selaku pemerintah di Kabupaten Tabanan dan selaku ketua BNK, tentu tidak mau jika peredaran narkoba marak di Kabupaten Tabanan. Dengan demikian, kami berharap peran aktif, serta kerja sama dari semua pihak untuk membantu menyelamatkan Tabanan dari bahaya narkoba,” pungkasnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.