Blok C Jadi Pasar Seni, Pedagang Pasar Sukawati Bingung

  • Whatsapp
PROYEK pembangunan Pasar Sukawati Blok C. Foto: adi

GIANYAR – Pedagang Pasar Sukawati blok C kini kebingungan, karena yang dulunya berjualan sembako dan sejenisnya, sekarang harus jualan suvenir. Pasar Sukawati blok C yang dulu merupakan pasar umum, setelah pembangunan selesai akan dijadikan pasar seni, dan para pedagang harus menjual barang seni.

Salah satu pedagang, Made Gandra, Rabu (27/10/2021) menuturkan, para pedagang merasa akan sangat berdampak bila diminta mengubah barang dagangan yang awalnya sembako menjadi suvenir. “Yang blunder ternyata pedagang blok C, tidak jelas. Nggak ada pedagang sebelumnya mau disuruh jualan kain atau suvenir, tapi persetujuan sudah dilakukan,” keluhnya.

Bacaan Lainnya

Hal serupa diakui pedagang lainya, yang mengaku bingung harus berjualan apa setelah mendapat tempat di sana. “Blok C dulu pasar umum jual sembako, setelah direnov pedagang sere (terasi) diminta jualan kain. Kalau nggak mau jual kain, ya hangus jatahnya,” ucap Sarmi bernada lesu.

Agar jatahnya berjualan tidak hilang, Sarmi berujar akan minta anak atau saudaranya berjualan barang seni. Sayang, dalam situasi Corona seperti sekarang, modal berjualan juga belum ada. “Kalau pinjam, turis juga masih sepi, takut nggak bisa bayar nanti,” sebutnya.

Kendati akan memiliki dua tempat, yakni di pasar relokasi di Banjar Gelumpang dan pasar blok C baru yang akan segera rampung, belum membuat mereka lega. Sebab, pasar relokasi saat ini kondisinya sangat sepi. Bahkan pedagang lebih memilih menyebar daripada harus berjualan di tempat tersebut.

Baca juga :  Sidang Tipiring, Dua PKL Pelanggar Perda Didenda 200 Ribu

Dimintai komentar terpisah, Rabu (27/10/2021), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Luh Gede Eka Suary, membantah pemindahan itu tidak ada persetujuan pedagang. Dia menegaskan kebijakan itu sudah berproses sejak lama, karena sosialisasi dan kesepakatan telah dilakukan dengan pedagang. “Kami tidak mungkin gegabah melakukan perencanaan dan pembangunan, semua sudah melalui proses panjang,” lugasnya.

Sebelum ada persetujuan, terangnya, verifikasi pedagang juga sudah dilakukan. Kepala Pasar juga selalu mengumumkan, ada saksi juga dari Kepala Desa Sukawati dan Jro Bendesa Adat Sukawati yang menjabat saat itu. Ini merupakan rencana pemerintah untuk menjadikan Pasar Sukawati Blok A, B, C semua menjadi pasar seni.

“Untuk itu, pedagang di blok C diberi dua hak, dengan berjualan dagangan umum di pasar relokasi di Banjar Gelumpang, dan di pasar blok C juga dikasih jatah tempat untuk jualan dagangan seni,” pungkasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.