Biaya Operasional Tinggi, BBM Damkar Bangli Hanya Dijatah Rp7 Juta Setahun

  • Whatsapp
KASATPOL PP dan Damkar Bangli, Dewa Agung Surya Darma. Foto: gia

BANGLI – Sepintas operasional petugas pemadam kebakaran (damkar) hanya saat bergerak ketika ada kebakaran saja, tapi di balik itu banyak hal dilakukan. Misalnya jika terjadi bencana tanah longsor yang materialnya mengganggu pemakai jalan, membersihkannya perlu bantuan damkar juga.

Belum lagi memenuhi permintaan masyarakat saat ada upacara agama. Di sisi lain, anggaran bahan bakar minyak (BBM) untuk armada damkar sangat minim.

Bacaan Lainnya

Kasatpol PP dan Damkar Bangli, Dewa Agung Surya Darma, mengatakan, anggaran BBM bagi armada damkar hanya Rp7 juta per tahun. Anggaran yang diplot berkaca dari musibah kebakaran pada tahun sebelumnya yang “hanya” 19 kali.

Padahal, jelasnya, armada damkar selain turun ketika terjadi kebakaran, juga sering terlibat ketika terjadi bencana. Selain itu, tambahnya, armada juga sering turun untuk memenuhi permintaan masyarakat, seperti penyedian air bersih ketika berlangsung kegiatan upacara agama.

”Jika terjadi bencana tanah longsor, armada sering kali turun melakukan penyemprotan agar jalan tidak licin,” tuturnya belum lama ini.

Lebih jauh disampaikan, dengan banyaknya terjadi bencana tanah longsor, mobilitas armada sejak dua bulan terakhir menyedot anggaran BBM yang tersedia. Selain ludes, instansinya masih ada utang Rp2 juta lebih yang harus dibayar.

Baca juga :  STKIP Agama Hindu Amlapura Bersih-bersih di Pura Gumang

Persoalan lain yang diungkap yakni kecilnya biaya perawatan rutin hanya hanya Rp10,5 juta, dan Rp40 juta untuk suku cadang bagi tujuh kendaraan di luar damkar.

“Walaupun dalam kondisi serba-kekurangan, kami berusaha selalu turun jika terjadi pengaduan atau permintaan dari masyarakat,” tegasnya, sembari berharap penambahan armada juga diikuti masalah BBM dan biaya perawatan. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.