Beri Pengarahan, Airlangga Mendadak Presensi Anggota Fraksi Se-Bali

AIRLANGGA Hartarto (tengah berkalung bunga) bersama para anggota Fraksi Golkar DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Bali usai memberi pengarahan di wantilan DPD Partai Golkar Bali, Jumat (25/3/2022). Foto: Gus Hendra
AIRLANGGA Hartarto (tengah berkalung bunga) bersama para anggota Fraksi Golkar DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Bali usai memberi pengarahan di wantilan DPD Partai Golkar Bali, Jumat (25/3/2022). Foto: Gus Hendra

DENPASAR – Didahului dengan senyum ramah dan penuh kelakar saat baru di podium, yang kemudian dilakukan Airlangga Hartarto tidak disangka sama sekali saat memberi pengarahan kepada anggota Fraksi Golkar DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota seluruh Bali, Jumat (25/3/2022). “Ini saya absen dulu ya,” kata Ketua Umum Partai Golkar itu dalam acara di wantilan DPD Partai Golkar Bali. Airlangga mendadak langsung mempresensi atau mendata kehadiran.

Airlangga memulai absen dari Fraksi Golkar Provinsi Bali, dan dari 8 yang hadir 6. Dari Fraksi Golkar DPRD Jembrana 6 orang hadir semua, Tabanan juga hadir semua, Badung 7 hadir semua, Buleleng 7 orang hadir semua, Gianyar 5 orang hadir semua, Klungkung 3 orang hadir semua, dan Denpasar dari 8 orang, tiga orang tidak hadir. Mengetahui ada yang tidak hadir, Airlangga tetap tersenyum meski kali ini terlihat dingin. “Wah ini Klungkung minimalis ya (jumlah legislator Golkar)?” celetuk Airlangga karena minimnya anggota Fraksi Golkar di Klungkung, disambut tawa hadirin. “Terima kasih Pak Sugawa karena saya berada dalam acara di kantor sendiri,” imbuh Airlangga, yang saat berbicara sejumlah hadirin yang perempuan terlihat mengipas-ngipas tubuh karena gerah. Empat kipas angin di empat sudut wantilan tidak cukup kuat menjinakkan hawa panas.

Bacaan Lainnya
Baca juga :  Kabar Duka! Lagi, Satu Pasien Positif Corona Meninggal

Menurut Airlangga, fraksi merupakan ujungtombak partai yang terpilih. Dia minta kader yang terpilih DPRD minimal 4 kali seperti kiprah anggota Fraksi Golkar DPR RI, I Gde Sumarjaya Linggih (Demer). “Gus Adhi berapa kali?” tanyanya sembari menunjuk AA Bagus Adhi Mahendra Putra di barisan depan, dan dijawab dua kali. “Ya harus berjuang supaya seperti Pak Demer, sudah empat kali, sudah kayak investaris DPR,” gurau Menko Perekonomian tersebut.

Untuk Pemilu 2024, Airlangga menarget Bali mengirim tiga wakil ke Senayan dari hanya dua saat ini. Dia juga mengkritisi jumlah kursi seluruh Bali yang sebelumnya 75 turun jadi hanya 66 kursi. Hanya, dia tak memungkiri suara kursi juga “makin mahal” karena pandemi, inflasi ekonomi, digital transformasi karena media sosial, dan perubahan demografi.

Menyiasati itu, sebutnya, Golkar mesti merekrut fungsionaris bertenaga, karena jika tenaga tidak kuat makan tidak akan bisa melawan “inflasi suara” tersebut. Apalagi komposisi Golkar dengan partai pemenang di Bali sangat tebal dan njomplang, 382 ribu berbanding 1,2 juta suara. Untuk menipiskan selisih itu, Golkar mesti kerja keras dan harus berani berbagi mulai saat ini sampai Pemilu 2024 mendatang.

Sebelumnya, saat memberi sambutan, Sugawa Korry kembali menggemakan Airlangga sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Soal pemilihan lokasi acara, dia berujar seizin Airlangga memilih di wantilan DPD dengan argumen agar makin dekat dengan rakyat, karena banyak masyarakat berlalu-lalang. Jika dilangsungkan di hotel, masyarakat tidak bisa melihat langsung kegiatan itu.

Baca juga :  Dihadiri Gubernur Koster dan Wawali Arya Wibawa, De Gajah Dilantik Jadi Ketum Pertina Bali

“Absensi lengkap hadir, dan saya minta semua Fraksi Provinsi dan kabupaten/kota mengikuti dengan tertib dan baik. Tidak cuma dengar tapi implementasi. Sanggup?” cetusnya dijawab “sanggup” oleh anggota fraksi. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.