Anjing Diduga Rabies Gigit Warga di Karangasem

  • Whatsapp
KEPALA Dinas Damkar dan Penyelamatan Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah. Foto: ist

KARANGASEM – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Karangasem kembali menangani kejadian non-kebakaran, yakni mengevakuasi seekor anjing di Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Sabtu (8/1/2022). Anjing yang diduga rabies itu sempat menggigit warga, itulah masalahnya.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah, yang dimintai konfirmasi, Minggu (9/1/2022) mengatakan, anjing tersebut tiba-tiba menggigit dua warga yang kebetulan lewat di wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kemarin begitu ada laporan, saya langsung melakukan koordinasi dengan Kadis Pertanian untuk bersama-sama melakukan evakuasi. Mereka menurunkan dua petugas dari Bidang Teknis Peternakan,” jelas Siki Ngurah.

Setelah anjing yang diduga rabies tersebut dievakuasi petugas Damkar, kemudian petugas Dinas Pertanian mengambil beberapa potongan organ dalam dari anjing tersebut untuk dilakukan uji laboratorium untuk memeriksa apakah rabies atau tidak.

“Tapi, dari penjelasan petugas Dinas Pertanian Bidang Teknis Peternakan, berdasarkan ciri-ciri fisik dan perilaku anjing tersebut sebelum dievakuasi hingga menggigit warga secara tiba-tiba, kemungkinan besar anjing itu rabies,” tegasnya.

Berdasarkan kejadian tersebut, masyarakat diminta agar lebih waspada lagi saat melakukan aktivitas. Sebab, anjing rabies masih menjadi salah satu ancaman di Karangasem. Jika masyarakat menemukan hal-hal mencurigakan yang mengancam keselamatan, diimbau segera melaporkan ke petugas yang berwenang. nad

Baca juga :  Giriasa Wajib Kerja Keras Lawan Kolom Kosong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.