Angkutan Siswa Gianyar Aman Kembali Beroperasi

  • Whatsapp
ANGKUTAN siswa gratis Gianyar Aman kembali beroperasi. Foto: adi
ANGKUTAN siswa gratis Gianyar Aman kembali beroperasi. Foto: adi

GIANYAR – Angkutan siswa gratis Gianyar Aman kembali beroperasi setelah sebelumnya operasional dihentikan karena pandemi Covid-19, yang membuat siswa belajar daring di rumah. Setelah pembelajaran tatap muka dimulai, angkutan siswa gratis tersebut mulai dioperasikan kembali. 

Dari pantauan di lapangan, sejumlah angkutan belum banyak terisi penumpang, tidak seperti sebelum pandemi yang banyak siswa memanfaatkan. “Mungkin belum banyak yang tahu niki(ini), soalnya ini operasi pertama kali,” kata salah seorang sopir yang ditemui.

Bacaan Lainnya

Kembalinya angkutan gratis tersebut disambut syukur orangtua siswa, karena dapat meringankan beban mereka untuk antar-jemput anak ke sekolah. “Bersyukur sekali ini sudah dioperasikan, seperti janji Pak Bupati beberapa waktu lalu. Jadi saya bisa fokus kerja,” tutur Wayan Balik, salah satu orangtua siswa di Blahbatuh. 

Kepala Dinas Perhubungan Gianyar, I Wayan Suamba, Senin (26/4/2021) menjelaskan, operasionalisasi angkutan siswa Gianyar Aman baru mulai kemarin setelah hampir setahun dihentikan, mengikuti situasi sekolah karena semua siswa belajar di rumah. “Laporan dari staf saya memang belum banyak yang memanfaatkan, karena PTM masih 50 persen. Karena ini baru, mungkin masih mencari bentuk,” terangnya. 

Baca juga :  Polemik LPD Batuyang, Curhat di FB Dicueki, Warga Surati MDA Kecamatan

Meski situasi masih belum normal sepenuhnya, dia berkata jumlah armada yang dioperasikan tidak ada pengurangan. Tetap 204 angkot dan 12 bus, sekalian uji coba setelah libur panjang. Selain itu, gaji sopir juga tidak ada pengurangan.

“Sama seperti tahun sebelumnya, kisaran 5 juta per bulan. Perhitungannya, sopir dibayar per kilometer rute yang dilalui. Rinciannya, mereka dibayar Rp5.500 sampai Rp6.500 per kilometer,” imbuhnya.

Terkait prokes, dia menyebut setiap siswa wajib memakai masker dan menjaga jarak ketika ada dalam angkutan. Para sopir juga telah diberi arahan agar ikut mengawasi siswa. “Prokes tetap,  sebelum beroperasi para sopir telah kami beri arahan,” pungkasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.