20 Ribu Benih Ikan Ditebar di Danau Buyan dan Tamblingan

  • Whatsapp
PENEBARAN bibit ikan di Danau Tamblingan, Buleleng. Foto: rik
PENEBARAN bibit ikan di Danau Tamblingan, Buleleng. Foto: rik

BULELENG – Untuk menjaga kelestarian Danau Tamblingan termasuk Danau Buyan, Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng, diminta untuk menyuplai bibit ikan agar bisa ditebar di Danau Tamblingan. Hal tersebut disampaikan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, usai menyerahkan bantuan bibit ikan di Danau Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan Banjar.

Suradnyana mengatakan, Danau Buyan dan Danau Tamblingan harus dijaga kelestariannya. Kecukupan sumber hayati utamanya di perikanan harus bisa dikembangkan dan memberi manfaat. Hanya saja kendalanya yakni, ekosistem tidak berjalan dengan baik karena ada predator seperti ikan zebra yang masuk ke danau.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, suplai bibit ikan harus rutin dilakukan. Dengan begitu ikan-ikan di Danau Tamblingan ini bisa terus berkelanjutan. DKPP Buleleng sebagai instansi yang mengurus perikanan, harus menyuplai. Suplai tersebut berjumlah 10 ribu ekor benih ikan untuk selanjutnya ditebar di Danau Tamblingan.

‘’Dari hasil diskusi, DKPP sudah siap untuk menyuplai 10 ribu ekor di Danau Tamblingan. Sehingga kecukupannya bisa memberikan manfaat untuk masyarakat disini (kawasan Danau Tamblingan),’’ kata Suradnyana, Jumat (13/8/2021).

Sementara Kepala DKPP Buleleng, Gede Putra Aryana, menjelaskan, penebaran benih ikan dilakukan di Danau Buyan dengan jenis ikan nila sebanyak 5.000 ekor. Sedangkan, di Danau Tamblingan ditebar benih ikan nila sebanyak 12.000 ekor dan ikan karper sebanyak 3.000 ekor.

Baca juga :  Jelang Paskah, Polsek Selbar Ketatkan Pengamanan Gereja

Ukuran dari benih ikan yang ditebar berkisar antara 7 sampai dengan 9 cm. Jika kurang dari ukuran itu, maka predator akan memangsa benih ikan yang ditebar. ‘’Ini akan terus berlanjutan, ikan itu tidak bisa dijamin. Kalau sudah diatas itu bisa diamankan dan dinikmati untuk dikonsumsi oleh masyarakat,’’ jelas Putra Aryana.

Putra Aryana juga mengimbau, kepada nelayan jika menemukan ikan zebra untuk tidak dilepas lagi. Dengan begitu, jumlah predator akan berkurang. ‘’Yang terpenting bagaimana masyarakat agar bisa mengonsumsi ikan di situasi pandemi. Ya, caranya penebaran benih ikan secara rutin,’’ pungkas Putra Aryana. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.