Wisuda Poltek Kelautan dan Perikanan, Wabup Ipat Harap Wisudawan Kembangkan Potensi Perikanan di Jembrana

  • Whatsapp
WABUP Ipat saat menghadiri wisuda Poltek KP Jembrana secara daring, Rabu (25/8/2021). foto: ist

JEMBRANA – Wakil Bupati (Wabup) Jembrana, I Gede Ngurah Patriana; bersama Sekda I Made Budiasa; dan Kepala Dinas Pendidikan Jembrana, Ni Nengah Wartini, menghadiri wisuda secara daring Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Jembrana Angkatan II Tahun Akademik 2020/2021, bertempat di Executive Room Kantor Bupati Jembrana, Rabu (25/8/2021).

Prosesi wisuda taruna/taruni dilaksanakan di kampus Poltek KP Jembrana dengan jumlah 68 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat mengingat dilaksanakan di tengah pemberlakuan PPKM. Sementara orang tua wisudawan menyaksikan secara virtual dari rumahnya masing-masing.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Wabup Patriana Krisna atau yang akrab disapa Ipat menyampaikan terima kasih atas kerja keras civitas akademika Poltek KP Jembrana atas dedikasinya di dunia pendidikan.

“Atas nama Pemkab Jembrana, saya mengucapkan selamat kepada Poltek KP Jembrana yang telah sukses menghantarkan 68 orang taruna/taruni dalam menyelesaikan pendidikan dan seluruhnya diwisuda. Tidak lupa juga kepada taruna/taruni yang diwisuda, saya juga menyampaikan selamat dan semoga sukses. Ini bukanlah akhir sebuah perjalanan, namun menjadi babak baru kalian semua dalam meniti karir ke depannya,” ujarnya.

Wabup Ipat berharap mereka yang diwisuda bisa berperan serta mengembangkan potensi perikanan di Jembrana. Seperti diketahui, Jembrana memiliki potensi perikanan yang cukup besar, baik perikanan tangkap, perikanan budidaya, maupun pengolahan dan pemasaran hasil perikanan yang didukung sumber daya kelautan dan perikananyang memadai sehingga Kementerian KKP RI telah menetapkan Kabupaten Jembrana sebagai salah satu Sentra Perikanan Terpadu di Indonesia. Maka dari itu, Jembrana sangat berkomitmen untuk menjadikan pembangunan kelautan dan perikanan sebagai program unggulan dan andalan.

Baca juga :  1.227 Siswa SMPN 1 Gianyar Divaksinasi Selama 4 Hari

“Melihat potensi perikanan dan kelautan yang cukup besar tersebut, haruslah diiringi dengan penyediaan SDM unggul yang memiliki integritas, terampil, dan profesional dibidangnya. Kita telah saksikan tadi, dari 68 taruna/taruni yang diwisuda, sebanyak 32 orang adalah putra-putri asal Jembrana. Itu sangat membanggakan sekali. Ke depan saya ingin lebih banyak lagi putra-putri Jembrana yang mengenyam pendidikan di Poltek KP Jembrana. Ini menjadi investasi besar kita dalam mempersiapkan SDM-SDM unggul di Kabupaten Jembrana khususnya dibidang perikanan dan kelautan,” harapnya.

Direktur Poltek KP Jembrana, I Gusti Putu Gede Rumayasa, mengatakan, Poltek KP Jembrana menyelenggarakan program pendidikan vokasi dibidang kelautan dan perikanan. Lulusannya mempunyai kompetensi, komitmen, dan mempunyai jiwa entrepreneurship sebagai bekal penting bagi mereka sehingga mampu bekerja dengan dilandasi kejujuran, disiplin, berkomitmen dan berhati nurani.

Adapun jumlah taruna/taruni yang diwisuda sebanyak 68 orang. Terbagi dalam tigaprodi (program studi) diantaranya Perikanan Tangkap sejumlah 20 orang, Budidaya Perikanan 21 orang, dan Pengolahan Hasil Laut 27 orang.

“Kepada taruna/taruni yang diwisuda, kalian semua adalah tulang punggung untuk mengelola sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Kita harus membuktikan, kita bisa mencapai kesejahteraan melalui sektor kelautan dan perikanan, melalui pengelolaan yang baik,” pungkasnya. man

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.