Wisdom Fluktuatif, Kunjungan Wisman Tumpuan Bali

  • Whatsapp
SUASANA keramaian di salah satu objek wisata Bali dalam kondisi normal beberapa waktu lalu, di mana situasi ini mampu menyumbang devisa bagi pemerintah pusat. Kini, dengan terpuruknya pariwisata Bali akibat pandemi, dirasa perlu ada perlakuan ekonomi khusus untuk Bali. Foto: Ist
SUASANA keramaian di salah satu objek wisata Bali dalam kondisi normal beberapa waktu lalu, di mana situasi ini mampu menyumbang devisa bagi pemerintah pusat. Kini, dengan terpuruknya pariwisata Bali akibat pandemi, dirasa perlu ada perlakuan ekonomi khusus untuk Bali. Foto: Ist

MANGUPURA – Ketua Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Badung, IGN Rai Suryawijaya, mengatakan, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tetap menjadi harapan insan pariwisata, karena wisman itulah yang yang mengembalikan kondisi pariwisata. Terkait hal itu, beberapa pelaku pariwisata telah berupaya melakukan skema promosi pemasaran secara mandiri.

Namun upaya itu tentu memerlukan dukungan dari internal, yaitu menurunnya angka kasus Corona di Bali. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dan senantiasa mentaati arahan pemerintah. Sebab dengan upaya itulah yang akan mampu menekan terjadinya penambahan kasus dan akan membawa kondisi pariwisata kembali membaik.

Bacaan Lainnya

‘’Mari kita terapkan 3 M yang dianjurkan pemerintah yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak secara displin agar pariwisata bisa kembali membaik,’’ ajaknya.

Disinggung peran anggota PHRI, Ketua BPPD Badung ini memaparkan, anggotanya sudah berupaya menerapkan prokes secara maksimal. Hal ini juga dibuktikan sejak pariwisata buka untuk wisdom tidak ada klaster hotel yang muncul. Dimana yang belakangan kasusnya meningkat adalah di klaster keluarga dan perkantoran serta pasar tradisional. Hal inilah yang perlu menjadi perhatian bersama agar jumlah kasus korona per hari di Bali segera menurun.

Baca juga :  Desa Ubung Kaja Bantu Sembako Keluarga Yang Laksanakan Karantina Mandiri

Diakuinya sejak dibukanya pariwisata untuk wisatawan domestik (wisdom), kunjungan wisatawan ke Bali mulai menggeliat. Namun kondisi itu dinilai masih sangat jauh dari sebelumnya. Karena tingkat hunian hotel rata-rata berkisar 5 persen saat ini. Selain itu masa tinggal atau lenght of stay wisatawan domestik relatif lebih singkat, yaitu berkisar 3 hari.

Kondisi itu menjadi semakin berat ketika di Ibu kota Jakarta diberlakukan Penerapkan Pemberlalukan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum lama ini. Sehingga hal itu tentu cukup berpengaruh pada kunjungan wisatawan domestik ke Bali dan Badung. ‘’Pangsa pasar utama wisatawan domestik adalah Jakarta. Jadi ketika ini ada pembatasan, tentu sangat berpengaruh bagi Bali. Tapi kita harap kondisi itu segera berlalu, sehingga Desember nanti wisdom kembali berkunjung ke Bali untuk liburan,’’ harapnya.

Sementara Legal Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai, Andanina Megasari dikonfirmasi terpisah tidak memungkiri bahwa penerapan PSBB di Jakarta berpengaruh terhadap penurunan kondisi penumpang di Bandara Ngurah Rai. Namun penurunan tersebut terjadi pada weekday yaitu pada Senin-Jumat, sementara saat weekend yaitu hari Sabtu dan Minggu justru kondisinya masih stabil dan cenderung naik.

Hal itu kemungkin juga disebabkan kebiasaan wisatawan domestik yang cenderung ke Bali untuk liburan, sehingga dipilih waktu libur weekend. ‘’Biasanya kalau week day itu penumpang rute Jakarta-Bali itu rata-rata mencapai 6 ribu orang. Tapi sekarang turun sekitar 10-15 persen. Tapi untuk week end itu kondisinya stabil dan cenderung naik, itu rata-rata berkisar 7 ribu penumpang,’’ terangnya.

Baca juga :  Bupati Artha Bersama Kajari Jembrana Tandatangani Nota Kesepahaman

Atas hal tersebut, load faktor pesawat penerbangan Jakarta-Bali tentu juga ikut berkurang. Kendati demikian, hal itu tidak sampai mempengaruhi jumlah flight daily rute tersebut. Dimana penerbangan reguler rute tersebut rata-rata perhari mencapai 20-25 flight untuk keberangkatan dan kedatangan dari Jakarta-Bali. 023

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.