Wisatawan ke Kintamani Melonjak Hingga 300 Persen

KUNJUNGAN wisatawan pada masa libur Lebaran melonjak ke objek wisata di Bangli, melonjak hingga 300 persen. Tampak wisatawan saat mengunjungi Desa Wisata Penglipuran. Foto: ist
KUNJUNGAN wisatawan pada masa libur Lebaran melonjak ke objek wisata di Bangli, melonjak hingga 300 persen. Tampak wisatawan saat mengunjungi Desa Wisata Penglipuran. Foto: ist

BANGLI – Diturunkannya retribusi menuju objek wisata Kintamani memberi berkah bagi Pemkab Bangli, dengan berlimpahnya wisatawan domestik (wisdom) saat libur panjang serangkaian Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Kunjungan wisatawan pada masa liburan melonjak sampai 300 persen.

Berdasarkan pantauan, kunjungan wisatawan paling ramai terlihat di kawasan Penelokan, Batur, Kintamani mulai Senin (2/5/2022). Kunjungan pelancong mencapai ribuan orang itu juga memberi suntikan rezeki sejumlah kedai kopi yang ada di kawasan Kintamani.

Bacaan Lainnya

Kadisparbud Bangli, I Wayan Sugiarta, Rabu (4/5/2022) mengakui kunjungan wisatawan khususnya domestik ke sejumlah objek wisata di Bangli melonjak pada masa liburan. Kuantitas yang masuk objek wisata Penelokan Kintamani juga menggembirakan, melonjak hingga 300 persen. “Kunjungan naik, baik di Desa Wisata Penglipuran maupun di kawasan Kintamani,” jelasnya.

Peningkatan kunjungan wisdom ke Kintamani, sambungnya, terlihat awal memasuki liburan, yakni pada 28 April lalu dengan jumlah 1.040 orang. Selanjutnya pada 29 April naik menjadi 1.800 orang, 30 April naik lagi menjadi 2.087 orang, dan pada 1 Mei melonjak hingga tembus 4.019 orang. Bahkan pada Selasa (3/5) lalu angka kunjungan mencapai 7.045 orang. 

Baca juga :  Waspada!, Bali Tambah 33 Orang Positif Covid-19 yang Didominasi Transmisi Lokal

Menurut Sugiarta, peningkatan kunjungan wisdom tidak hanya di kawasan Kintamani, hal serupa juga terjadi di Desa Wisata Penglipuran. Tempat parkir di di Desa Wisata Penglipuran sampai penuh. “Kami harap peningkatan kunjungan terus terjadi hingga masa liburan panjang berakhir,” harapnya.

Kasihumas Polres Bangli, Iptu I Wayan Sarta, menambahkan, Polres menurunkan puluhan personel untuk pengamanan di sejumlah objek wisata guna memberi rasa aman dan nyaman ke pengunjung. Untuk mengatur arus lalin, jelas dia, personil Polres Bangli dibantu TNI dan Satpol PP untuk sementara masih mampu mengendalikan. “Meski kunjungan meningkat, tapi tidak sampai menimbulkan kemacetan arus lalin,” pungkasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.