Warga Muslim Banjar Saren Jawa Gelar “Megibung”

UMAT muslim di Banjar Dinas Saren Jawa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Karangasem berbuka puasa bersama dengan cara megibung (makan bersama). Foto: ist

KARANGASEM – Hari pertama menjalankan ibadah puasa, Minggu (3/4/2022) umat muslim di Banjar Dinas Saren Jawa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Karangasem berbuka puasa bersama dengan cara megibung (makan bersama).

Seorang warga, Made Hasan, berujar, megibung menjadi agenda rutin yang selalu dilaksanakan warga Banjar Saren Jawa pada saat berbuka pada hari pertama menjalankan ibadah puasa. “Sebelum melaksanakan sholat magrib, kami buka puasa megibung bersama warga,” kisahnya, Senin (4/4/2022).

Bacaan Lainnya

Sebelum megibung, ucapnya, masing-masing kepala keluarga warga muslim Banjar Saren Jawa membawa sagi atau hidangan, yang terdiri dari nasi dan berbagai jenis lauknya dalam satu nampan, untuk dikumpulkan di masjid setempat.

Megibung versi warga Banjar Saren Jawa ini juga hampir sama dengan tradisi megibung pada umumnya. Satu sagi atau hidangan lengkap dalam satu nampan akan disantap bersama oleh empat sampai lima orang.

Yang sedikit membedakan dengan megibung ala warga beragama Hindu, hanya pada menu lauknya saja. Jika megibung warga Hindu identik dengan lawar, diganti dengan hidangan lainnya seperti rendang, opor, sate sapi dan menu daging ayam. nad

Baca juga :  UNDP-PETRA Bangun Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan di NTB, Pascabencana Gempa 2018

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.