Warga Binaan di Lapas Tabanan Divaksin Covid-19

  • Whatsapp
VAKSINASI Covid-19 untuk para WBP di Lapas Kelas II-B Tabanan pada Selasa (22/6/2021). foto: ist

TABANAN – Seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas II-B Tabanan diberi vaksin Covid-19. Vaksin yang pertama untuk para WBP tersebut dilaksanakan di Aula Candra Prabhawa Lapas Tabanan, Selasa (22/6/2021).

Vaksinasi tersebut diselenggarakan atas kerja sama dengan Tim Vaksinator Puskesmas Tabanan III. “Vaksinasi merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19, sehingga wajib didukung oleh setiap lapisan masyarakat, tidak terkecuali bagi warga binaan yang sedang menjalani masa pidana di dalam lapas,” ungkap Koordinator Tim Vaksinator, Candriani Rante.

Bacaan Lainnya

Dia juga menyebut salah satu tujuan vaksinasi bagi WBP, karena mereka masih ada kontak dengan petugas lapas, yang notabene datang dari luar lapas. Hal itu berpotensi menularkan virus kepada WBP yang ada di dalam Lapas. “Dengan divaksinasi itu bisa membentuk kekebalan herd immunity di lingkungan lapas, dan ketika mereka sudah bebas, maka juga sudah memiliki kekebalan walaupun harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Tahapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dimulai dengan pemanggilan WBP ke blok hunian, yang kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok. Hal itu dimaksudkan agar tidak menimbulkan kerumunan, sehingga kegiatantetap terlaksana sesuai protokol kesehatan.

Baca juga :  Keluarga Pemilik Bade Siapkan Pecaruan, Buntut Bade Timpa Rumah Warga

Vaksinasi dimulai dengan pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah WBP. Dilanjutkan dengan screening, dan kemudian WBP divaksinasi. Setelah divaksinasi, WBP menunggu di ruang observasi selama 15 menit untuk mengantisipasi apabila terjadi kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

Dari 164 orang WBP Lapas Tabanan, tercatat ada enam orang yang tidak mendapatkan vaksinasi tahap pertama ini. Mereka tidak dapat divaksinasi karena sedang dalam keadaan sakit, dan juga sedang dalam perawatan minum obat. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.