Vaksinasi Penguat di Klungkung Juga Sasar Lansia

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta; bersama Wabup Kasta; dan Sekda Klungkung menerima suntikan vaksin booster atau penguat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Jumat (14/1/2022). Foto: ist

KLUNGKUNG – Pemkab Klungkung mulai menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 booster atau penguat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Jumat (14/1/2022).

Kadis Kesehatan Klungkung, dr. Made Adi Swapatni, berkata vaksin tahap ketiga ini dilaksanakan untuk mengantisipasi terpapar varian baru Covid-19, Omicron, yang penyebarannya lebih ganas daripada varian Delta. Vaksinasi penguat ini, sesuai Surat Edaran Kementerian Kesehatan, diprioritaskan untuk lansia dan masyarakat rentan.

Bacaan Lainnya

“Tetapi karena Provinsi Bali dan Kabupaten Klungkung cakupan dosis vaksin satunya sudah 70 persen, dan cakupan vaksin lansia sudah 60 persen, maka pemberian vaksin booster bisa diberikan kepada usia 18 tahun ke atas,” terangnya.

Untuk kemarin, sebutnya, sasaran yang diambil dari kalangan usia 18 tahun ke atas, lansia dan masyarakat rentan. Kemudian ada juga OPD yang memang mobilitasnya cukup padat di lapangan seperti BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Satpol PP.

Jenis vaksin yang digunakan untuk booster yakni Pfizer, AstraZeneca serta Moderna. Meski berbeda merek dari vaksin pertama dan kedua, dia menegaskan pemberian booster beda merek tetap aman dan terbukti secara ilmiah.

“Pemberian vaksin, dengan dosis vaksin satu berjarak enam bulan, baru boleh diberikan vaksin booster tahap ketiga, dengan persyaratan membawa KTP/NIK, bukti vaksin satu dan vaksin dua, atau boleh dari aplikasi PeduliLindungi,” jelasnya. baw

Baca juga :  Konflik Internal Golkar Gianyar Dinyatakan Selesai, Sudewa Disilakan Tempuh Mekanisme Partai

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.