Unud Mengabdi, Ubah Biogas Jadi Listrik

  • Whatsapp
KEGIATAN pengabdian kepada masyarakat Universitas Udayana di Banjar Gambih, Buahan, Payangan. foto: adi

GIANYAR – Universitas Udayana (Unud) senantiasa menerapkan hasil-hasil riset untuk diaplikasikan ke masyarakat. Satu di antaranya yakni penerapan Genset Hybrid 1.000 W pada Kelompok Tani Ternak Tulus Nadi di Banjar Gambih, Desa Buahan, Payangan.

Pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai Dewa Ngakan Ketut Putra Negara ini dilaksanakan pada 12 September lalu, yang merupakan kesinambungan kegiatan sebelumnya yang mengubah kotoran sapi di peternakan ini menjadi biogas menggunakan Digester Biogas Portable 500 L. Hasilnya pun sudah dimanfaatkan untuk keperluan memasak.

Bacaan Lainnya

Dewa Ngakan Ketut Putra Negara, Jumat (24/9/2021) mengatakan, kegiatan pemanfaatan biogas diperluas untuk menghasilkan listrik dengan memberi pelatihan dan pemeliharaan genset biogas. Listrik yang dihasilkan, terangnya, dapat digunakan sebagai cadangan energi ketika listrik dari PLN mengalami gangguan.

Genset hybrid 1.000 W ini merupakan rancangan mahasiswa Teknik Mesin Unud di bawah bimbingan anggota Tim Pengabdi, Prof. Tjokorda Tirta Nindhia. “Genset didesain dapat beroperasi menggunakan bahan bakar biogas maupun bensin,” jelasnya.

Ketua Kelompok Tani Ternak Tulus Nadi, I Gede Adi Sputra, sangat mengapresiasi kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan Unud tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu kelompok tani yang dipimpinnya. “Selain mendapat bantuan genset dantoolkit, kami juga diberi SOP pengoperasian dan pemeliharaan genset,” urainya.

Baca juga :  Pengunjung Pasar Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Dia berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan, karena sangat bermanfaat bagi kelompok tani. “Kegiatan ini benar benar pengabdian kepada masyarakat, terutama kelompok-kelompok tani. Kami sangat merasakannya. Tidak hanya diberi bantuan alat saja, tapi sangat lengkap. Bahkan juga pemeliharaan dan perawatannya,” kata dia menandaskan. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.