UMK Karangasem 2022 Disepakati Rp2.555.470

  • Whatsapp
KEPALA Dinas Ketenagakerjaan Karangasem, I Nyoman Suradnya. Foto: ist

KARANGASEM – Setelah melalui pembahasan yang cukup alot antara Disnaker, Dewan Pengupah dan Serikat Pekerja, besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karangasem tahun 2022 akhirnya disepakati Rp2.555.470. Hal itu diutarakan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Karangasem, I Nyoman Suradnya, Selasa (23/11/2021).

“Dasar penetapan sudah melalui kajian antara undang-undang, peraturan pemerintah dan dasar rumus. Untuk tahun ini bisa dikatakan tidak ada peningkatan. Memang dari Serikat Pekerja berharap ada kenaikan, tapi karena pengaruh pandemi makanya belum memungkinkan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dia melanjutkan, jika melihat UMK Karangasem tahun sebelumnya, besaran UMK tahun 2022 hanya selisih Rp1 saja dari nilai UMK Karangasem tahun 2021 yang Rp2.555.469.

Hanya, meski besaran UMK Karangasem telah ditetapkan, implementasi di lapangan belum bisa direalisasikan secara maksimal. Sebab, kebanyakan perusahaan sejauh ini belum mampu memberi upah kepada pekerja sesuai UMK yang ditetapkan.

“Kewajiban pemerintah untuk menetapkan, tapi penerapan di lapangan kami tidak tahu sejauh mana. Kemungkinan kebanyakan belum bisa untuk mencapai UMK, tapi sepertinya antara perusahaan yang belum bisa tersebut sudah ada kesepakatan dan pekerjanya. Yang jelas kami tetap melakukan monitoring terkait hal tersebut,” lugasnya. nad

Baca juga :  Kenalkan Aplikasi NTB Mall, Bunda Niken Ajak Perajin Manfaatkan Jualan Daring

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.