Tinggi, Antusiasme Warga Lombok Nonton Balapan, Jalan Bypass Bandara – Mandalika Macet

  • Whatsapp
AKSES Jalan Bypass Bandara Lombok ke Sirkuit Mandalika yang terpantau padat merayap, Minggu (14/11/2021) sore. Foto: rul
AKSES Jalan Bypass Bandara Lombok ke Sirkuit Mandalika yang terpantau padat merayap, Minggu (14/11/2021) sore. Foto: rul

MATARAM – Balapan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 yang seharusnya digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (14/11/2021) ditunda. Dua balapan di Sirkuit Mandalika itu dimundurkan hingga pekan depan.

Kendati ada penundaan pelaksanaan balapan IATC 2021, tak mengurangi antusiasme masyarakat untuk datang ke kawasan Mandalika. Hal itu terlihat dari padatnya arus lalu lintas kendaraan di Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok-Mandalika, sehingga terjadi kemacetan yang cukup panjang.

Bacaan Lainnya

‘’Pantauan kita sejak pukul 16.00 Wita, arus lalu lintas padat merayap dari Bandara menuju Sirkuit Mandalika,” ujar Kasatlantas Polres Lombok Tengah, AKP Donny Wira Setiawan.

Untuk mengurangi kemacetan kendaraan warga yang pergi untuk menonton ajang balapan MotoGP Junior di Sirkuit Mandalika tersebut, pihaknya memberlakukan buka tutup jalan. ‘’Untuk antisipasi kemacetan kita berlakukan sistem buka tutup,’’ katanya.

Setelah diberlakukan sistematis buka tutup jalan, arus lalu lintas dari bandara menuju Mandalika telah normal kembali dan sebaliknya dari Mandalika menuju Bandara tetap lancar. ‘’Ini tanda-tanda kebangkitan ekonomi masyarakat dengan adanya ajang balapan di Sirkuit Mandalika,’’ tegas AKP Donny Wira Setiawan.

Sementara itu, pantauan POS BALI hingga pukul 17.30 Wita, antusiasme masyarakat di Pulau Lombok untuk menyaksikan balapan motor di Sirkuit Pertaminan Mandalika tersebut cukup tinggi. Warga yang terus berdatangan bersama keluarga dan temannya untuk menonton balapan.

Baca juga :  Dandim Tabanan Kerahkan Anggota Bersihkan Pantai Yeh Gangga

Apalagi, selama dua hari sejak Sabtu (13/11/2021) hingga Minggu (14/11/2021), Pemprov NTB bersama pihak penyelenggara memberikan tiket gratis bagi warga NTB untuk menyaksikan balapan IATC dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. ‘’Yang jelas kami ingin datang ke Sirkuit Mandalika untuk menonton balapan kelas dunia di sana,’’ ujar Purnawarman, salah satu warga Mataram.

Ia juga mendaku kaget padatnya arus lalu lintas di sepanjang Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok ke Sirkuit Mandalika. ‘’Iya mas memang antri. Bahkan, tadi kami diminta putar balik saat hendak masuk ke bundaran menuju Sirkuit Mandalika,’’ kata Purnawarman.

Seperti diketahui, setelah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok tersebut menjadi tuan rumah pada ajang IATC tanggal 12-14 November 2021. Selain itu juga, Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan menjadi tuan rumah pegelaran World Superbike (WSBK) tanggal 19-21 November 2021.

Kemudian, berdasarkan kalender motoGP yang telah dirilis Dorna Sport, Sirkuit Mandalika bakal menjadi lokasi balapan MotoGP pada Maret 2022. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.