Menteri Basuki Minta Jalan Bypass BIL – Mandalika Dipercantik

  • Whatsapp
MENTERI PUPR, Basuki Hadimuljono (tengah); didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar; serta Gubernur NTB, Zulkiflimansyah, saat mendampingi kunjungan Presiden Jokowi di kawasan Hutan Gunung Pepe, Lombok Tengah. Foto: rul
MENTERI PUPR, Basuki Hadimuljono (tengah); didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar; serta Gubernur NTB, Zulkiflimansyah, saat mendampingi kunjungan Presiden Jokowi di kawasan Hutan Gunung Pepe, Lombok Tengah. Foto: rul

MATARAM – Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Sirkuit Mandalika sejauh 17,36 Km, telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (12/11/2021).  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menginstruksikan jajarannya, mulai Dinas PUPR NTB hingga BPJN setempat, agar lereng, bahu, dan median betul-betul diperhatikan dan ditangani dengan rapi serta tidak meninggalkan sisa pekerjaan.

Terlebih,  proyek jalan yang menghabiskan dana APBN mencapai Rp705 miliar itu berada di lokasi wisata.  ‘’Maka, saya minta para pegawai di Kementerian PUPR harus rapi dan tentunya kualitas pengerjaanya dijaga. Saya lihat finalisasinya sudah bagus, baik kondisi jalan maupun bahunya sudah rapi walau tanpa perkerasan,’’ ujar Menteri Basuki pada wartawan di sela-sela mendampingi kunjungan Presiden Jokowi di kawasan Hutan Gunung Pepe, Kelompok Hutan Mareje Bonga dan Gunung Pepe RTK 13 Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Loteng, Sabtu (13/11/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Menteri Basuki, sebelum diresmikan Presiden Jokowi, dirinya telah mengecek langsung akses Jalan Bypass tersebut. Oleh karenanya, ia meminta agar jalan tersebut betul-betul dijaga dengan baik. Ada beberapa titik yang jadi fokusnya pada jalan sepanjang 17,36 km tersebut.

Baca juga :  Tetap Produktif di Masa Pandemi, Musisi Wajib Melek Teknologi

‘’Supaya jadi contoh jalan bebas hambatan yang baik, saya minta untuk dibuat pembatas jalan sepanjang 17 km ini, agar warung-warung di pinggir jalan tidak tumbuh tak terkendali yang akan mengganggu kenyamanan bahkan keselamatan,’’ tegas Menteri Basuki.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Basuki juga menekankan untuk dilakukan penghijauan di sepanjang ruas jalan agar meningkatkan keindahan.  ‘’Median dan bahu jalannya agar ditanami rumput, termasuk lereng juga dilakukan penghijauan, agar tidak terlihat kering, misal dengan geomat atau hidroseeding,’’ jelas Basuki berpesan.

Terpisah, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, Reiza Setiawan, mengatakan, pengerjaan pembangunan jalan utama telah selesai sesuai target yang telah ditetapkan. ‘’Jalan bypass dilengkapi 2 jembatan, 11 overpass, dan 3 jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas dan memfasilitasi akses bagi warga sekitar,’’ kata Reiza.

Pembangunan Jalan Bypass BIL– Mandalika terdiri dari 3 paket pekerjaan dengan anggaran bersumber dari APBN tahun 2020-2021 sebesar Rp705 miliar. Paket 1 sepanjang 4,30 km dengan kontraktor PT Nindya Karya- PT Bumi Agung (KSO) dengan anggaran sebesar Rp199 miliar. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.