Tiga Tim Unggulan Grup Neraka Tetap Lolos, Portugal Ulangi Skenario 5 Tahun Silam

  • Whatsapp
PENYERANG yang juga kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi seusai mengkonversi tendangan penalti ke gawang Prancis dalam laga pemungkas Grup F Euro 2020, di Stadion Puskas Arena, Budhapest, Hongaria, Rabu (23/6/2021) waktu setempat atau Kamis (24/6/2021) pagi waktu Indonesia. foto: antaranews

TIGA tim unggulan yang berada di Grup F Euro 2020 (Prancis, Portugal dan Jerman) tetap lolos melaju ke babak 16 besar dari grup yang disebut-sebut sebagai grup neraka tersebut.

Portugal yang berstatus juara bertahan turnamen membuka rangkaian Grup F dengan kemenangan telak 3-0 atas Hongaria berkat tiga gol menit-menit akhir di Budhapest, Selasa (15/6/2021). Beberapa jam kemudian, sebuah gol bunuh diri Mats Hummels jadi pembeda antara Prancis dengan Jerman di mana sang juara dunia Prancis meraih kemenangan tipis 1-0 di Muenchen.

Bacaan Lainnya

Putaran kedua Grup F berlangsung pada Sabtu (19/6/2021) di mana Prancis dikejutkan Hongaria dan hanya meraih hasil imbang 1-1 ketika tampil di bawah tekanan publik Puskas Arena yang terisi penuh. Sekira tiga jam berselang, Jerman menuntaskan kebangkitan mereka dari kekalahan di laga pertama untuk melumat Portugal 4-2 diwarnai dua gol bunuh diri dari Ruben Dias serta Raphael Guerreiro di Muenchen.

Sebelum putaran ketiga dimainkan, hasil laga pemungkas Grup A s.d. C memastikan Prancis lolos ke babak 16 besar setidaknya sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup. Kendati demikian tim besutan Didier Deschamps itu belakangan lolos sebagai jawara grup seusai bermain imbang 2-2 melawan Portugal di Budhapest pada Rabu waktu setempat, atau Kamis (24/6/2021) pagi waktu Indonesia.

Baca juga :  Kemenpora Gelontorkan 87 Miliar untuk Tangani Covid-19

Semua gol di pertandingan itu berkenaan dengan keputusan wasit Antonio Miguel Mateu Lahoz dan VAR, yang menghasilkan tiga penalti, dua untuk Portugal dikonversi Cristiano Ronaldo dan satu bagi Prancis dieksekusi Karim Benzema. Benzema juga mendapatkan satu golnya disahkan VAR setelah sempat dianulir hakim garis.

Berbarengan dengan hasil tersebut di Muenchen, Jerman nyaris jadi korban kejutan Hongaria karena tertinggal 1-2 dari tamunya itu hingga memasuki 10 menit akhir pertandingan. Pada menit ke-74 Leon Goretzka menjadi pahlawan Jerman, menyamakan kedudukan 2-2 yang bertahan hingga akhir, memastikan langkah tim besutan Joachim Loew ke babak 16 besar.

Prancis menjadi juara Grup F dengan raihan lima poin, diikuti Jerman sebagai runner-up berbekal keunggulan head-to-head atas Portugal meski sama-sama mengoleksi empat poin.

Portugal tetap lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dan berpeluang mengulangi skenario serupa lima tahun silam ketika mereka lolos dari fase grup sebagai peringkat ketiga dan berakhir menjadi juara turnamen. ant/yes

                 KLASEMEN AKHIR GRUP F

    1.Prancis       3   1   2   0   (4-3)   5
    2.Jerman        3   1   1   1   (6-5)   4
    3.Portugal      3   1   1   1   (7-6)   4
    4.Hongaria      3   0   2   1   (3-6)   2

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.