Terapkan e-Parkir, Pasar Banyuasri Raup Rp7 Juta per Hari

  • Whatsapp
PENERAPAN parkir elektronik (e-parkir) di Pasar Banyuasri. Foto: rik
PENERAPAN parkir elektronik (e-parkir) di Pasar Banyuasri. Foto: rik

BULELENG – Penerapan parkir elektronik (e-parkir) di areal Pasar Banyuasri, Buleleng, selama ini berjalan efektif dan juga mampu meningkatkan pendapatan. Setelah satu pekan lamanya penerapan sistem e-parkir ini, pendapatan Unit Pasar Banyuasri lewat pembayaran parkir mencapai sekitar Rp7 juta lebih per harinya.

Dirut Perumda Pasar Arga Nayottama Buleleng, Made Agus Yudiarsana, mengakui, jika pendapatan Pasar Banyuasri dari pembayaran parkir meningkat signifikan jika dibandingkan dengan pendapatan sebelum penerapan e-parkir. ‘’Kalau awal saat pakai manual, pendapatannya kisaran antara Rp2 juta sampai Rp4 juta,’’ kata Agus Yudi.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Agus Yudi, peningkatan pendapatan ini dapat tercapai karena pengunjung menjadi lebih disiplin dalam membayar parkir. Mengingat, mesin e-parkir yang terpasang dilengkapi dengan portal otomatis. Sehingga, tidak ada lagi pengunjung yang ‘nyelonong’ memasuki areal parkir di Pasar Banyuasri.

Dengan begitu, diakui Agus Yudi, pengelola Pasar Banyuasri bisa lebih mengefisienkan penempatan petugas penjaga keamanan di area parkir Pasar Banyuasri, lantaran tidak perlu banyak petugas yang ditempatkan di pintu masuk. ‘’Tidak lagi ada penumpukan petugas keamanan di satu titik,’’ ujar Agus Yudi.

Meski demikian, setiap pintu masuk tetap ditempatkan petugas untuk membantu pengunjung yang masih kesulitan dalam mengoperasikan mesin e-parkir. Selain pengunjung, tarif parkir penerapan e-parkir juga dilakukan terhadap pekerja pasar, pedagang, dan ojek pangkalan.

Baca juga :  Tak Apa Cerewet, Asal Korban Covid-19 Tidak Berderet

Untuk memudahkan akses, mereka diberikan kartu member yang dapat dibayar secara bulanan maupun harian.

Untuk meningkatkan pelayanan di Pasar Banyuasri, Agus Yudi pun berkomitmen terus mengevaluasi penerapan e-parkir di areal Pasar Banyuasri, sehingga kendala dan kelemahan yang ada dapat segera teratasi. ‘’Saya harap semua dapat terlayani dengan baik. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan PD Pasar Buleleng,’’ pungkas Agus Yudi. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.