Bupati Suwirta Ajak Teladani Semangat “Puputan” dalam Melaksanakan “Swadharma”

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT ke-113 Puputan Klungkung dan HUT ke-29 Kota Semarapura di halaman belakang kantor Bupati Klungkung, Rabu (28/4/2021) pagi. Foto: ist
BUPATI Suwirta menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT ke-113 Puputan Klungkung dan HUT ke-29 Kota Semarapura di halaman belakang kantor Bupati Klungkung, Rabu (28/4/2021) pagi. Foto: ist

KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menjadi Inspektur Upacara pada peringatan HUT ke-113 Puputan Klungkung dan HUT ke-29 Kota Semarapura yang digelar di halaman belakang kantor Bupati Klungkung, Rabu (28/4/2021). Peringatan tahun ini mengambil tema “Dengan Semangat Puputan Klungkung, Kita Tauladani Nilai-Nilai Perjuangan Ida Dewa Agung Jambe”.

Gubernur Bali, I Wayan Koster, dalam sambutannya yang dibacakan Suwirta menyampaikan, peringatan hari istimewa itu harus disikapi secara arif dan bijaksana sebagai refleksi bagi generasi sekarang, untuk mencapai kesejahteraan masyarakat tanpa melupakan perjuangan para pendahulu kita.

Bacaan Lainnya

Dia berharap kebijakan dan program Pemkab Klungkung sejalan dengan visi Pemprov Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Dalam melaksanakan pembangunan di Klungkung, Bupati Suwirta mengajak meneladani nilai-nilai Puputan Klungkung.

“Dalam membangun Klungkung kita seyogianya meneladani semangat puputan (habis-habisan). Dengan demikian kita harus puputan dalam melaksanakan swadharma (kewajiban) masing-masing. Misalnya Pemerintah Kabupaten Klungkung harus secara maksimal menuntaskan pemenuhan kebutuhan hak dasar masyarakat,” kata Bupati Suwirta.

Pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan ini digelar di alun-alun Ida Dewa Agung Jambe. Namun, karena situasi pandemi Covid-19, upacara peringatan dilaksanakan di belakang kantor Bupati Klungkung.

Baca juga :  Astaga! Angka Kematian Corona di Denpasar Capai 58 Orang, Hari Ini Tiga Pasien Meninggal

Dalam upacara yang dihadiri Ketua DPRD Klungkung, AA Gde Anom; Sekda I Gede Putu Winastra, Ida Dalem Semaraputra dan Forkopinda serta jajaran OPD Pemkab Klungkung itu, diisi pembacaan sejarah singkat Puputan Klungkung.

Selain itu penyerahan piala kepada pemenang lomba film dokumenter tingkat umum se-Bali, yang diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-113 Puputan Klungkung dan HUT ke-29 Kota Semarapura.

Juara 1 diraih Lima Visual dengan judul karya “Mati Tan Tumut Pejah” yang disutradarai I Gusti Agung Bagus Cakraningrat, juara 2 kepada Oregano Film dengan karya “Dharmaning Ksatrya” disutradarai I Dewa Nyoman Rai Dharma Yadnya, dan juara 3 Smadara Journalism Team hasil dengan karya “Medal Agung” yang disutradarai Chaterina Intan Priyaningrum. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.