Sungai Candigara Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

  • Whatsapp
WABUP Kasta turun ke lokasi banjir di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Rabu (9/6/2021) pagi. Foto: ist
WABUP Kasta turun ke lokasi banjir di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Rabu (9/6/2021) pagi. Foto: ist

KLUNGKUNG – Hujan deras selama dua jam membuat Sungai Candigara di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung Kabupaten Klungkung meluap, Rabu (9/6/2021) pagi. Puluhan rumah warga di Desa Kusamba terendam banjir.

‘’Saya mau berangkat bekerja, air sudah mencapai lutut orang dewasa,’’ ujar I Komang Sayoga (22) salah warga yang rumahnya teredam banjir.

Bacaan Lainnya

Air datang dengan tiba-tiba dan membawa sampah dari hulu. Warga yang tidak menduga datangnya banjir berusaha menyelamatkan barang mereka. “Hujannya cukup deras tadi pagi (kemarin). Kalau sudah hujan deras, pasti banjir. Lokasi permukiman ini memang rawan banjir,’’ imbuh Ketut Sutami yang tampak sibuk memindahkan barang dagangannya.

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, turun ke lokasi untuk melihat secara langsung musibah itu. “Saya sudah koordinasi dengan BPBD dan Dinas PU, bagaimana solusi sementara agar warga aman,” seru Wabup Kasta; didampingi Kapolsek Dawan, AKP Ida Ayu Kalpika Sari yang ikut turun ke lokasi.

Kasta menambahkan, hal yang paling penting menjadi perhatianya agar masyarakat sekitar sungai itu tidak ada yang membuang sampah sembarangan terutama ke aliran sungai. Upaya itu dilakukan untuk mencegah agar tidak terjadi banjir.

Baca juga :  Genjot Produksi dan Kewirausahaan, Parta Motivasi Pelaku Industri Kecil Menengah

‘’Mari bersama-sama jaga kebersihan lingkungan sekitar dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan semoga musibah ini segara bisa tertanggulangi,’’ ujarnya mengingatkan. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.