Sugawa Korry Nilai Buka Pariwisata Bagian dari Adaptasi Corona

  • Whatsapp
NYOMAN Sugawa Korry. Foto:Ist
NYOMAN Sugawa Korry. Foto:Ist

DENPASAR – Polemik antara pendukung membuka segera pariwisata Bali untuk pemulihan ekonomi dengan yang mempertahakan isolasi Bali demi keselamatan masyarakat, mendapat tanggapan Wakil Ketua DPRD Bali, Nyoman Sugawa Korry. Menurutnya, perdebatan dua kutub itu tidak akan selesai jika masih saling mempertentangkan. “Mari kita melihat bahwa Covid-19 atau Corona ini sebuah keniscayaan, karena itu mari kita beradaptasi dengan itu,” cetusnya, Jumat (19/6/2020).

Dalam pandangannya, antara kesehatan dan ekonomi merupakan dua hal saling berkait. Tidak mungkin bicara kesehatan tanpa ditunjang ekonomi yang mapan, dan tidak mungkin ekonomi mapan jika kesehatan masyarakat terganggu akibat Corona. Di titik inilah pemerintah mesti bisa mengambil kebijakan dengan pertimbangan dan kajian yang jelas.

Baca juga :  IKIP PGRI Bali Serahkan 191 Paket Sembako ke Banjar Tegehkuri dan Batanancak

“Persoalan utama itu bukan apakah kita mau buka ekonomi dengan pariwisata atau menjaga keselamatan rakyat Bali, tapi bagaimana agar masyarakat tetap sehat dan ekonomi bisa berjalan. Itu bagian dari cara adaptasi dengan pandemi Corona ini,” urai doktor ekonomi pembangunan tersebut.

Sugawa menyodorkan data, dalam triwulan pertama pertumbuhan ekonomi Bali anjlok di angka -1,14 persen. Lebih buruk dari itu, diperkirakan dalam triwulan kedua kontraksi ekonomi masih berlanjut. Tren melandainya ekonomi tersebut, jelasnya, harus segera diatasi karena akan banyak dampak negatif jika terus berlanjut. “Dampak ikutannya juga ada seperti dampak sosial, keamanan dan politik,” cetus Ketua DPD Partai Golkar Bali itu.

Menimbang itulah, ulasnya, pariwisata di Bali sebagai salah satu sektor dominan wajib mempersiapkan diri untuk menggerakkan sektor ini. Namun, dia menegaskan, apapun yang dilakukan mesti sejalan dengan kebijakan pemerintah dan protokol kesehatan dalam mencegah penularan Corona. “Kami percaya dan optimis pemerintah dapat membuat kebijakan yang mampu melindungi kesehatan masyarakatnya, dan pada saat yang sama memulihkan kondisi perekonomian kita,” pungkasnya. hen

banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 SMK BALI DEWATA

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.