Sedimentasi, Air Sungai di Blahbatuh Sering ke Jalan

  • Whatsapp
KEPALA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, Ni Made Mirnawati. foto: adi

GIANYAR – Beberapa ruas jalan di wilayah Blahbatuh, Gianyar sering digenangi air yang meluber dari sungai. Penyebabnya bukan karena banyak warga buang sampah ke sungai, tapi karena sedimentasi atau pendangkalan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, Ni Made Mirnawati, Rabu m(29/9/2021).

Lmebih lanjut dikatakan, luberan air tersebut bukan akibat adanya peningkatan pembuangan sampah sembarangan. Dia juga membantah kondisi tersebut akibat bamnyak warga di Gianyar yang tidak sanggup membayar truk sampah, sehingga membuang sampah ke sungai. Yang terjadi, sebutnya, akibat ada sedimentasi atau penmgendapan lumpur, sehingga sungai jadi dangkal.

Bacaan Lainnya

“Sungai maupun saluran drainase menyempit karena pengendapan lumpur, ditambah lagi sampah yang dibuang di jalan. Ketika hujan masuk ke sungai atau drainase, air tersumbat dan akhirnya meluber ke jalan,” jelasnya.

Saat ini, kata Mirnawati, masyarakat yang membuang sampah ke sungai sudah berkurang. Sebab, hampir semua warga sadar jika membuang sampah ke sungai akan berdampak buruk. “Tidak ada peningkatan pembuangan sampah ke sungai, karena semua sadar kalau dibuang ke sungai, mereka juga kena dampaknya,” tandasnya. adi

Baca juga :  Tanpa Surat Keterangan, 112 Pengendara Dipaksa Putar Bali di Pos Penyekatan Denpasar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.