Sanjaya Apresiasi Pengawasan Daftar Pemilih Bawaslu

  • Whatsapp
BUPATI Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, menerima kunjungan jajaran Bawaslu Bali dan Bawaslu Tabanan. Foto: ist
BUPATI Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, menerima kunjungan jajaran Bawaslu Bali dan Bawaslu Tabanan. Foto: ist

TABANAN – Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya; didampingi Sekda I Gede Susila menerima kunjungan Bawaslu Bali dan Bawaslu Tabanan, akhir pekan lalu. Sanjaya juga menyampaikan terima kasih, karena Bawaslu beserta perangkatnya ikut dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada Tabanan 2020. Pada kesempatan itu, Sanjaya mengapresiasi pengawasan daftar pemilih.

Ketua Bawaslu Bali, Ketut Ariyani, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tabanan yang merespons positif audiensi Bawaslu Bali bersama Bawaslu Tabanan. Selain mengucapkan selamat atas terpilih dan pelantikannya, Bawaslu juga menyerahkan laporan akhir komprehensif hasil pengawasan Pilkada Tabanan 2020. Ariyani juga mohon kepada Sanjaya agar dapat diberi hibah tanah untuk keperluan kantor Bawaslu Tabanan. Alasannya, agar dapat menunjang kinerja pengawasan kegiatan politik diperlukan kantor yang representatif.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap Pak Bupati bisa menghibahkan lahan untuk pembangunan kantor Bawaslu Tabanan,” ucap Ariyani.

Ketua Bawaslu Tabanan, I Made Rumada, menambahkan, Bawaslu Tabanan berperan aktif dalam memberikan pendidikan politik, dan menyosialisasikan peraturan dan perundang-undangan pemilu kepada masyarakat. “Untuk itu agar diberikan ruang bersama-sama Kesbangpol Tabanan, untuk mewujudkan kehidupan demokrasi berkualitas di Kabupaten Tabanan,” sambungnya.

Berdasarkan perhitungan terakhir, jelasnya, Bawaslu Tabanan melakukan efisiensi anggaran sebesar Rp500 juta lebih, dan sudah dikembalikan pada 31 Maret 2021 ke kas daerah.

Baca juga :  RS PTN Unud Buka Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19

Menanggapi apa yang disampaikan Bawaslu, Sanjaya melayangkan apresiasi kinerja Bawaslu Tabanan beserta jajaran sampai tingkat TPS.  Komunikasi dengan Bawaslu dan penyelenggara pemilu, kata dia, sangat baik selama ini. “Bawaslu Kabupaten Tabanan bekerja dengan netralitas dan menjalankan peraturan dan perundang-undangan pemilu.  Saya secara pribadi sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pengawas Pemilu, yang berperan besar dalam menyukseskan Pilkada 2020 kemarin. Astungkara, Pilkada Tabanan berjalan aman, sejuk, dan damai, serta tidak ada gugatan,” pujinya.

Kinerja di pengawas pemilu dalam memastikan validitas data pemilih, ulasnya, sangat luar biasa, mengingat kompleksnya data pemilih dari tingkat desa hingga kecamatan. Data – data pemilih itu sangat penting, karena data tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan untuk melindungi hak politik warga negara serta mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas. 

Terkait lahan untuk kantor Bawaslu Tabanan, dia segera minta OPD terkait untuk mengkaji dan mencarikan lahan kantor yang layak di wilayah kota, agar berdekatan dengan pusat pemerintahan.

Dalam audiensi itu, Ariyani didampingi komisioner Bawaslu Bali yakni Ketut Rudia (Divisi Hukum dan Data), I Wayan Wirka (Divisi Penindakan Pelanggaran), I Ketut Sunadra (Divisi Penyelesaian Sengketa Pemilu), dan Ida Bagus Putu Adi Natha (Kepala Sekretariat Bawaslu Bali). Sementara Rumada didampingi anggota I Ketut Narta, I Gede Putu Suarnata, dan Kordinator Sekretariat I Ketut Winasa. gap/hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.