Sambut Galungan, Stok Babi di Bangli Diyakini Aman

  • Whatsapp
KEPALA Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma. Foto: ist
KEPALA Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma. Foto: ist

BANGLI – Menjelang Hari Raya Galungan yang tinggal menghitung hari, peternak babi mulai menyiapkan stok babi untuk dijual. Seperti yang dilakukan peternak babi di Bangli, I Ketut Mupu, Minggu (4/4/2021). Pemesanan babi menjelang Galungan biasanya mengalami peningkatan, meski saat ini kondisinya tidak seperti saat hari raya lalu.

“Kalau penjualan sehari-hari pelanggan tetap normal, tapi kalau untuk Galungan belum terlihat meningkat. Kemungkinan tiga hari menjelang Penampahan Galungan baru biasanya pemesanan datang. Saya rasa stok yang disediakan masih mencukupi untuk Galungan,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Harga daging babi per kilo kini Rp45 ribu sampai Rp46 ribu. Dia tidak mengelak naiknya harga daging babi akibat populasi menurun, lantaran banyak peternak sebelumnya merugi dan bangkrut.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma, yakin stok babi di Bangli aman untuk hari raya Galungan. Dia mengestimasi babi yang disembelih sasatpenampahan Galungan mencapai 1.250 ekor di seluruh Bangli, sedangkan jumlah babi di Bangli sebanyak 3.248 ekor. Jumlah tersebut merata di masing-masing. “Jumlah pasti babi yang akan dipotong belum dapat dipastikan karena bergantung permintaan, kami pakai estimasi saja karena datanya terus bergerak” jelasnya.

dari 16 titik lokasi pemotongan dalam kapasitas besar, harga babi hidup berkisar Rp43 ribu sampai Rp44 ribu per kilogram. Sementara daging babi di pasaran berkisar Rp93 ribu per kilogram, dan tidak menutup kemungkinan harga merangkak naik seiring bertambahnya permintaan. “Tidak ada batas harga daging,” pungkasnya. gia

Baca juga :  Vaksin Sinovac Tahap Ketiga Tiba di Bali Sebanyak 25.320 Vial

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.