Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali Tingkatkan Perekonomian

  • Whatsapp
BUPATI Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, saat meninjau stan yang menjajakan produk olahan pertanian dan UMKM se-Kabupaten Tabanan usai membuka Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali, baru-baru ini. Foto: ist
BUPATI Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, saat meninjau stan yang menjajakan produk olahan pertanian dan UMKM se-Kabupaten Tabanan usai membuka Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali, baru-baru ini. Foto: ist

TABANAN – Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, baru-baru ini membuka Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali, yang ditandai dengan goresan pertama lukisan rumah kemuliaan, yang kemudian dilanjutkan oleh seorang pelukis untuk penyelesaian dan diserahkan kepada Ketua Kadin Tabanan. Program tersebut dikatakan sebagai salah satu upaya dalam mendorong peningkatan perekonomian di Kabupaten Tabanan.

Mengingat mayoritas penduduk Tabanan menggantungkan mata pencaharian di sektor pertanian dan UMKM, serta didukung sektor pariwasata. “Saya pun meyakini bahwa dengan Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali ini akan berperan aktif dalam pembangunan perekonomian di Kabupaten Tabanan,” lugas Sanjaya.

Bacaan Lainnya

Sektor pertanian dan UMKM yang didukung sektor pariwisata, lanjut dia, mempunyai kontribusi penting dalam pembangunan di Kabupaten Tabanan. Hal itu dapat dilihat dalam bentuk perluasan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja dengan jumlah yang signifikan.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan visi-misi Kabupaten Tabanan, yang ditetapkan dalam membangun Tabanan lima tahun ke depan, yakni ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani (AUM)’.

“Jadi, membangun di Tabanan ini melalui sebuah pola, yakni dengan melihat potensi yang ada di semua desa, dengan melakukan program desa presisi, sehingga pembangunan mampu menyeluruh secara bertahap dan terencana, sesuai dengan data yang akurat,” tegasnya.

Baca juga :  Duh! Pandemi, Tajen di Bangli Tetap Buka

Usai membuka acara, Sanjaya dan undangan lainnya meninjau puluhan stan yang menjajakan produk olahan pertanian dan UMKM se-Kabupaten Tabanan. Dilanjutkan dengan dialog dalam seminar bertema ‘Pengusaha Berdaya Saing Menuju Tabanan Era Baru’, yang dilaksanakan di Gedung Kesenian I Ketut Maria.

Ketua Komite Tabanan Hub, I Gusti Ngurah Raka Sumarjana, menambahkan, tujuh asosiasi yang tergabung dalam Tabanan Hub, antara lain HIPMI Tabanan, Kadin Tabanan, PHRI Tabanan, Junior Chamber Internasional Tabanan, ICSB Tabanan, dan NCPI Tabanan. “Mereka adalah bentuk kolaborasi komunikasi asosiasi dan organisasi di sektor bisnis di Tabanan,” ungkapnya.

Kolaborasi tersebut diharapkan memberikan dampak positif, baik dampak sosial maupun ekonomi, khususnya bagi pelaku UMKM di Tabanan. “Potensi Tabanan itu luar biasa, baik alam maupun SDM, terutama milenial di Tabanan. Ide-ide kreatif, energi yang luar biasa harus dibuatkan iklim yang baik, agar berkembang dengan baik,” ujarnya menandaskan. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.