RSUD Bangli Raup Surplus Rp40 Miliar

  • Whatsapp
DIREKTUR RSUD Bangli, dr. I Nengah Nadi. Foto: ist

BANGLI – Sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangli membukukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021 meningkat sangat signifikan.

Di tengah badai pandemi Covid-19, tercatat pendapatan rumah sakit itu surplus Rp40 miliar memasuki akhir tahun 2021. Hal ini seiring berbagai pembenahan dan pembangunan yang juga terus dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Direktur RSUD Bangli, dr. I Nengah Nadi, Kamis (23/12/2021) mengakui pendapatan instansinya meningkat tajam jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dari target tahun 2020 sebesar Rp45 miliar, capaiannya senilai Rp48 miliar. Dengan kata lain mengalami surplus Rp3 miliar.

Sementara target tahun 2021 senilai Rp60 miliar, realisasi capaiannya sampai kemarin mencapai Rp71 miliar. “Tahun ini diperkirakan mengalami surplus 40 miliar lebih,” ucapnya didampingi Wadir Umum dan Keuangan RSUD Bangli, Gusti Bagus Karyawan.

Surplus Rp40 miliar tersebut, sambungnya, baru dibayar tahun ini sebesar Rp11 miliar dan piutang Rp29 miliar dari klaim Kemenkes.

Sesuai arahan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, dia berkata merencanakan Rp30 miliar dari surplus tersebut akan digunakan untuk melengkapi pembangunan gedung lainnya, termasuk ruang rawat inap.

Saat ini pembangunan gedung 1A dan 1B akan dimulai, ditandai penyerahan lapangan untuk proses pembangunannya. Dia menarget pembangunan kedua gedung yang menelan anggaran Rp71 miliar itu akan tuntas dalam waktu sembilan bulan ke depan.

Baca juga :  Tiga Hari Berturut, Tidak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19 Baru di Denpasar, Tiga Pasien Juga Sembuh

Setelah pembangunan itu tuntas, kata dia, akan dilanjutkan dengan pembangunan gedung di depan yang saat ini digunakan sebagai IGD. Sesuai rencana induk, pembangunan masih terus berproses secara bertahap. Nanti gedung itu akan difungsikan sebagai ruang rawat inap.

Meski demikian, dia mengklaim pelayanan kepada masyarakat masih tetap jalan seperti biasanya. Bila tiga gedung itu jadi, dia optimis dapat melebihi dibanding kondisi sebelumnya. Lokasi parkir rencananya ditempatkan di bagian belakang.

“Dengan berbagai pembangunan yang saat ini tengah dirancang, pembangunan RSUD Bangli akan rampung dan menjadi lebih representatif pada tahun 2023 atau 2024,” pungkasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.