Rayakan Hari Sumpah Pemuda Ke-93, Nasdem Bali Adakan Donor Darah Berhadiah

  • Whatsapp
PARA pendonor menyumbangkan darahnya dalam aksi sosial DPW Garda Pemuda Nasdem Bali di Sekretariat DPW Partai Nasdem Bali di Jalan Tukad Batanghari 7, Denpasar, Rabu (27/10/2021). Foto: hen
PARA pendonor menyumbangkan darahnya dalam aksi sosial DPW Garda Pemuda Nasdem Bali di Sekretariat DPW Partai Nasdem Bali di Jalan Tukad Batanghari 7, Denpasar, Rabu (27/10/2021). Foto: hen

DENPASAR – Donor darah merupakan bentuk yadnya (pengorbanan suci) kepada sesama manusia yang membutuhkan. Pesan itu digaungkan Partai Nasdem dalam memaknai dan merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021, saat mengadakan donor darah di Sekretariat DPW Partai Nasdem Bali, Rabu (27/10/2021) dan Kamis (28/10/2021). Sebagai apresiasi atas keikhlasan para pendonor, partai bentukan Surya Paloh tersebut memberi paket sembako dan baju kaos.

Ketua DPW Garda Pemuda Nasdem Bali, I Kadek Sujanayasa, menyebut berbagi pada masa pandemi tak melulu berbentuk sumbangan materi. Donor darah yang digelar itu, sebutnya, merupakan rangkaian dari gerakan Pemuda Siaga Pandemi Jilid II. “Kami bergerak untuk membantu sesama, dan kebetulan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2021,” ucap anggota DPRD Karangasem itu.  

Bacaan Lainnya

Lebih jauh dia merinci, Garda Pemuda Nasdem bergerak bersama dengan Garnita Malahayati (Garda Wanita) Nasdem, dan Badan Rescue Nasdem bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali. Untuk kegiatan pada hari pertama, dia berkata melibatkan Garda Pemuda Nasdem Jembrana, Buleleng, Karangasem, Bangli, dan Klungkung. Tak hanya kader Nasdem, dia berujar masyarakat umum juga sangat antusias mendonorkan darahnya pada masa pandemi Covid-19.

Baca juga :  Belajar dari Sejarah Pandemi Flu Spanyol 1918

“Sebagai bentuk apresiasi, DPW Nasdem Bali memberikan sembako dan baju kaos bagi peserta yang memenuhi syarat sebagai pendonor,” urainya.  

Aksi sosial donor darah hari kedua, Kamis (28/10) juga tetap terbuka untuk masyarakat umum. Lokasinya juga sama, di Sekretariat DPW NasDem Bali, Jalan Tukad Batanghari Nomor 7 Denpasar. Masyarakat yang ingin menyumbangkan darah bisa mendaftar lewat ponsel dengan menghubungi Ketua Satgas Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Jilid II, Dewa Gede Adi Palguna, di nomor Whatsapp 08123927007, atau Isna Saputri di nomor Whatsapp 089543377 0088.

“Pemuda Siaga Pandemi Jilid II hari kedua melibatkan DPW Nasdem Bali serta Garda Pemuda Nasdem Denpasar, Badung, Tabanan, dan Gianyar,” tandasnya.

Ketua Satgas Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Jilid II, Dewa Gede Adi Palguna, menambahkan, pihaknya mematok syarat ketat untuk para calon pendonor. Di antaranya sehat jasmani dan rohani, berusia 17-60 tahun, berat badan lebih dari 45 kg, kadar hemoglobin 12,5-17 g/dl, tekanan darah sistolik/diastolik 1110/60- 160/100 mmHg, nadi teratur 50-100/menit, dan bagi pendonor wanita tidak sedang haid, hamil, atau menyusui.

“Untuk hari pertama, dari 102 pendonor yang mendaftar, berhasil terkumpul 88 kantong darah. Ini akan didistribusikan langsung oleh PMI Provinsi Bali bagi masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Disinggung persiapan aksi sosial hari kedua, Sekretaris DPW Garda Pemuda Nasdem Bali, I Gusti Agung Ngurah Gede Agung Brahmantara, menyebut 150 peserta diprediksi hadir untuk menyumbankan darahnya. Panitia menyediakan sembako untuk 300 paket. Jika misalnya paket sembako itu masih tersisa, dia menegaskan akan disalurkan kepada kegiatan sosial lain yang membutuhkan. “Bagi masyarakat yang berminat ber-yadnya melalui donor darah, bisa langsung datang ke Sekretariat DPW Nasdem Bali. Tentunya harus taat protokol kesehatan,” pesannya. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.