Ratusan Pelajar di Buleleng Ikut Kejuaraan Panjat Tebing

PELAJAR se-Kabupaten Buleleng mengikuti ajang Bhuana Patra Climbing Boulder Competition (BPCBC) 2024, Jumat (26/1/2024) di Lapangan Bhuana Patra Singaraja. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, BULELENG – Sebanyak 153 pelajar se-Kabupaten Buleleng mengikuti ajang Bhuana Patra Climbing Boulder Competition (BPCBC) 2024, Jumat (26/1/2024) di Lapangan Bhuana Patra Singaraja.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pengurus Kabupaten (Pengkab) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Buleleng itu bertujuan untuk mencari dan melakukan kaderisasi atlet.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum Pengkab FPTI Buleleng, Dr. Wahjoedi, mengatakan, digelarnya Bhuana Patra Climbing Boulder Competition diharapkan dapat memberikan ruang kepada para pelajar dalam menyalurkan minat dan bakat di cabang olahraga (cabor) panjat tebing.

Dia menyebut, FTPI Buleleng akan terus melakukan pembinaan kepada atlet-atlet pemula, sehingga bisa mencetak atlet yang akan mengharumkan nama Buleleng baik di tingkat provinsi, nasional hingga internasional. Hal ini diharapkan bisa meneruskan prestasi Desak Rita yang sudah bisa mengharumkan nama Buleleng di kancah dunia.

‘’Desak Rita sebagai juara dunia itu butuh waktu sebelas tahun untuk mencetak juara dunia. Untuk itu, kita akan melakukan penguatan dan pembinaan dilakukan sedini mungkin, sehingga kompetisi ini dapat melahirkan bibit atlet berbakat untuk Buleleng, Bali hingga Indonesia,’’ ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, mengapresiasi langkah yang dilakukan FPTI Buleleng dalam melakukan sosialisasi terkait olahraga panjat tebing kepada atlet-atlet pemula.

Baca juga :  Peringatan Imlek di Klenteng Khongcu Bio

Kegiatan ini, kata Surya Bharata, sebagai upaya untuk memperkenalkan olahraga panjat tebing kepada anak-anak sejak usia pemula. Dan terpenting hal ini menjadi sebuah ajang untuk pembibitan prestasi olahraga khususnya panjat tebing di Kabupaten Buleleng.

‘’Kompetisi serupa dapat digelar secara berkelanjutan, sehingga dapat menumbuhkan mental dan disiplin para atlet pemula,’’ tutupnya.

Kategori yang dipertandingkan dalam kompetisi ini, yaitu Boulder Perorangan Spider Kid (7-9 tahun), Youth D (10-11 tahun), Youth C (12-13 tahun), Boulder Perorangan tingkat SMP/sederajat dan tingkat SMA/sederajat. edy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.