Puluhan Penyelam Selamatkan Terumbu Karang di Perairan Tulamben

  • Whatsapp
PULUHAN penyelam dari berbagai daerah saat melakukan penyelamatan dan penanaman terumbu karang untuk menjaga keindahan alam bawah laut, di perairan Tulamben. Foto: ist

KARANGASEM – Keindahan panorama bawah laut perairan Pantai Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem terkenal hingga ke mancanegara. Yang paling terkenal terumbu karang dan keragaman biota laut di dalamnya.

Keindahan dan kelestarian alam dan biota bawah laut ini, menjadi perhatian para pecinta lingkungan, termasuk para dive master (master penyelam) dan pemerintah. Menjaga keindahan alam bawah laut, termasuk kelestarian terumbu karang, puluhan penyelam dari berbagai daerah hadir dalam aksi penyelamatan dan penanaman terumbu karang di perairan Tulamben.

Bacaan Lainnya

Putu Rista Saraswati, anggota Divers Clean Action (DCA) yang turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut, Minggu (31/10/2021) mengatakan, aksi replantasi terumbu karang ini merupakan kegiatan rutin BKSDA Bali, Asosiasi Koral Karang dan Ikan Hias (AKKI) serta Kelompok Pembudidaya Karang Hias Nusantara (KPKHN).

Mereka semua bergerak bersama DCA, Eco Nusa Foundation, dan penjaga laut. “Untuk replantasi atau restocking terumbu karang ini, ada otal sebanyak 800 bibit terumbu karang yang ditanam di bawah laut dengan melibatkan puluhan penyelam dari berbagai daerah,” ujarnya.

Lebih jauh diungkapkan, penanaman terumbu karang tersebut dilaksanakan pada 28 Oktober 2021 lalu, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan restocking terumbu karang ini, jelasnya, juga merupakan upaya meningkatkan komoditas pariwisata Bali, terutama di Kabupaten Karangasem.

Baca juga :  IBL 2021: Bali United Tutup Seri II dengan Mengalahkan West Bandits

Hal itu menyusul dibukanya kembali jalur penerbangan internasional ke Indonesia, termasuk Bali, serta dibukanya kembali pariwisata Bali usai menurunnya kasus Covid-19.

Penanaman terumbu karang, terangnya, dilakukan di dua lokasi, yakni di bawah laut perairan Tulamben depan Puri Madha, dan di depan Coral Garden.

Dia bersama para pecinta lingkungan dan kelestarian alam bawah laut, mengajak semua pihak untuk bersama melindungi terumbu karang. Sebab, terumbu karang menjadi rumah indah bagi ribuan spesies ikan, termasuk beberapa ikan langka yang hidup di perairan Tulamben.

Hal senada dikatakan Eri Setyabudi, dive master yang ikut dalam aksi penyelamatan dan penanaman terumbu karang tersebut. Secara umum sampai saat ini kondisi terumbu karang di Pantai Tulamben dinilai cukup baik, tapi memang harus terus dilakukan replantasi, agar bisa tumbuh subur dan lestari.

“Cukup baik, ada ratusan jenis terumbu karang yang tumbuh di bawah laut Tulamben. Semoga replantasi ini bisa makin memperkaya jenis terumbu karang di sini,” harapnya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.