Prajurit Kodim Tabanan Tes Kesegaran Jasmani

  • Whatsapp
KEGIATAN tes kesegaran jasmani prajurit Kodim Tabanan di Lapangan Candradimuka Rindam IX/Udayana, Selasa (20/4/2021). Foto: ist
KEGIATAN tes kesegaran jasmani prajurit Kodim Tabanan di Lapangan Candradimuka Rindam IX/Udayana, Selasa (20/4/2021). Foto: ist

TABANAN – Selain melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, pada masa pandemi Covid-19 ini juga penting menjaga imun tubuh. “Salah satunya dengan berolahraga, seperti yang dilakukan oleh setiap prajurit Kodim 1619/Tabanan, guna menjaga kemampuan fisik prajurit, sesuai program komando atas,” ungkap Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf. Dewa Putu Oka, Selasa (20/4/2021).

Oka yang didampingi Pasipers Kapten Chb. M. Ilham, saat meninjau kegiatan tes kesegaran jasmani prajurit Kodim Tabanan, di Lapangan Hijau atau Lapangan Candradimuka Rindam IX/Udayana, menyebut tes kesegaran jasmani rutin dilaksanakan secara periodik. Melalui kegiatan tersebut, sekaligus untuk mengetahui kemampuan fisik prajurit, dan mengukur kualitas pembinaan fisik yang telah dilakukan oleh satuan. Selain itu, juga sebagai syarat pengusulan kenaikan pangkat bagi setiap prajurit yang telah memenuhi syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat.

Bacaan Lainnya

Oka menegaskan, walaupun pada masa pandemi Covid-19, prajurit Kodim 1619/Tabanan dituntut tetap memiliki kemampuan fisik yang prima, yang telah diprogramkan oleh satuan. Hal itu juga merujuk dalam program komando atas sehingga personel militer termasuk PNS Kodim 1619/Tabanan, secara kontinyu tetap melaksanakan pembinaan fisik di satuan.

“Secara periodik akan dites, untuk mengukur kemampuan dan mengetahui nilai kesegaran jasmani yang dimiliki oleh setiap prajurit,” ujar Mayor Inf. Dewa Putu Oka.

Baca juga :  Tidak Pernah Ada Kasus Terkonfirmasi Covid-19, Dua Desa di Buleleng Zona Hijau

Tes kesegaran jasmani dinilai langsung oleh satuan atas, yaitu timdari Jasmani Korem 163/Wirasatya. Saat pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan dan aturan-aturan yang telah ditentukan. Tes kesegaran jasmani yang dilaksanakan meliputi kesemaptaan A, lari selama 12 menit, dan kesemaptaan B, yaitu full up, sit up, push up, lunges, dan shuttle run.

Untuk kemampuan ketangkasan, yaitu ketangkasan renang dengan jarak 50 meter, yang dilaksanakan di Kolam Renang Ranu Tirta Yudha Rindam IX/Udayana. Selama kegiatan tersebut diawasi oleh tim kesehatan dari Denkesyah/RST Singaraja, dipimpin dr. Gede Prasada dan Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto. “Kegiatan tes kesegaran jasmani ini berjalan dengan lancar dan aman. Seluruh kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik oleh para peserta,” pungkasnya. gap


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.