Polisi Selidiki Pencurian Gambelan di Pura Luhur Pucak Paruman

  • Whatsapp
POLISI masih menyelidiki kasus pencurian gambelan di Pura Luhur Pucak Paruman di Banjar Adat Batanyuh, Desa Batanyuh, Kecamatan Marga. Foto: ist

TABANAN – Pura Luhur Pucak Paruman di Banjar Adat Batanyuh, Desa Batanyuh, Kecamatan Marga, Tabanan, kemalingan. Sejumlah alat gambelan yang tersimpan di pura tersebut raib. Kasus pencurian ini menimbulkan kerugian sekitar Rp40 juta.

Terkait kasus tersebut, Kapolsek Marga AKP Gede Budiarta menyampaikan, masih dalam upaya penyelidikan. “Kami setelah menerima laporan kejadian tersebut, langsung tindak lanjut melakukan olah TKP dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi,” ujarnya, Kamis (9/12/2021).

Bacaan Lainnya

Dari kejadian tersebut, dilaporkan telah hilang sejumlah alat gambelan yang tersimpan di Pura Luhur Pucak Paruman. Antara lain delapan buah reong, dua ponggang, sebuah tawa-tawa, satu klenang, 6,5 set ceng-ceng, sehingga hanya tersisa 1,5 set.

Dari keterangan saksi I Made Puja (80) yang juga kelian pemaksan pura setempat, pada hari sebelum diketahui pura tersebut kemalingan, yakni pada 7 Desember 2021, dia yang bertugas rutin mematikan lampu, datang ke pura dengan maksud untuk mematikan lampu.

Ketika itu, saksi mengaku sempat mendapati dua daun pintu gudang penyimpanan di pelataran jaba tengah sudah dalam kondisi seperti terbuka paksa.

Saat itu, saksi sempat mengecek ke dalam gudang, namun dikatakan tidak ada barang yang hilang. Karena menganggap tidak ada barang yang hilang, saksi pun mengabaikan hal itu, dan kemudian pulang sekitar pukul 17.00 Wita.

Baca juga :  Gubernur Koster Ajak Masyarakat Gunakan Garam Lokal

Saksi lainnya, I Wayan Kasna (65), yang juga mempunyai tugas sama seperti saksi Puja, datang ke pura tersebut untuk menghidupkan lampu. Saksi pun melihat keadaan dua pintu gudang terbuka, dan kemudian mengecek ke jeroan (utama mandala) pura.

Di tempat itu, saksi mendapati alat pemukul gambelan yang seharusnya tersimpan dalam peti bersama dengan gambelan lainnya, malah tercecer di lantai sambyangan. Ketika mengecek lebih ke dalam peti yang sejak awal tidak terkunci, ternyata ada berapa gambelan yang hilang. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.