Enam Ketua DPC Dukung IJU Nakhodai Demokrat NTB, Dinilai Representasi AHY

  • Whatsapp
INDRA Jaya Usman (tiga kiri) bersama para ketua DPC Demokrat NTB memastikan siap bertarung merebut kursi Ketua DPD Partai Demokrat NTB. Foto: rul

MATARAM – Nama Ketua DPC Demokrat Lombok Barat (Lobar), Indra Jaya Usman (IJU), kini mencuat menjadi salah satu kandidat kuat Ketua Partai Demokrat NTB. Hal tersebut menyusul lahirnya dukungan enam dari 10 DPC kabupaten/kota di NTB, yang memastikan dukungan kepada anggota DPRD Lobar dua periode tersebut.

Enam DPC tersebut yakni Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Kota Bima, yang mendeklarasi dukungan sekaligus jumpa pers di Lombok Astoria Hotel, Rabu (8/12/2021) malam.

Bacaan Lainnya

Selain IJU, hadir para ketua DPC pendukungnya yakni Ketua DPC Demokrat Lombok Tengah, Ahmad Ziadi; Ketua DPC Demokrat Sumbawa, Syamsul Fikri; Ketua DPC Demokrat Sumbawa Barat, Mustakim Patawari; Ketua DPC Dompu, Ismul Rahmadin; dan Ketua DPC Demokrat Kota Bima, Qurais H Abidin.

Membuka keterangan pers, Syamsul Fikri berkata enam ketua DPC berkumpul untuk berikhtiar politik bersama mendukung IJU sebagai Ketua DPD dalam Musda yang akan digelar pekan depan. “Kami sudah sepakat dan mufakat untuk mendukung IJU,” katanya.

Menurut dia, selama ini berkembang informasi bahwa sejumlah ketua DPC juga berkeinginan maju memimpin Demokrat NTB. Namun, tegasnya, informasi yang valid saat ini adalah dukungan enam DPC untuk IJU. Di beberapa media, tuturnya, dia memang sempat menyatakan maju, demikian juga Qurais yang merupakan sesepuh partai.

Baca juga :  Sukseskan Pilkades Serentak di Tengah PPKM, Sekda Tekankan Kampanye Secara Virtual

Tetapi, pada akhirnya, mereka sepakat dan punya semangat sama untuk mendukung IJU. Alasannya, IJU dirasa mewakili, punya integritas, muda dan teruji, yang dirasa bisa membawa partai Demokrat mencapai bintangnya.

Ahmad Ziadi menambahkan, figur IJU dipilih untuk didukung karena beberapa alasan mendasar. IJU diklaim angkatan muda, sama-sama punya gaya komunikasi teduh dan merangkul siapa saja. Singkat kata, IJU dinilai representasi Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di NTB.

“Cukuran IJU juga mirip Ketum AHY. IJU bagi kami figur berani, punya keinginan sama rasa dan penjiwaan dengan DPC. Niscaya kami akan mendengar satu sama lain nanti,” tegas dia.

Komunikasi dan soliditas antara DPD dan DPC, menurut dia menjadi kunci sukses keberhasilan Demokrat mendulang kemenangan di Pemilu 2024 mendatang.

Bagi Mustakim Patawari, dukungan enam DPC untuk IJU mewakili keterwakilan geografis Lombok dan Sumbawa. “Muda adalah kekuatan, tak hanya slogan saja. Pengalaman dalam memimpin parpol tak boleh dianggap muda oleh siapapun,” urainya.

Menanggapi dukungan itu, IJU menyebut deklarasi dan keterangan pers digelar agar publik masyarakat mengetahui dengan baik. “Berapa bulan lalu riuh Partai Demokrat muncul, banyak spekulasi, ada juga yang menyebut dirinya sebagai calon kuat dan lain lain. Nah, malam ini kami jelaskan semua dengan terang benderang,” lugasnya.

IJU mengapresiasi dukungan itu, yang menurutnya tidak muncul begitu saja, melainkan melalui proses panjang. Dia menyitir juga kisruh Partai Demokrat awal tahun ini dengan adanya pihak eksternal yang berupaya mengambil alih partai. Hal ini dijadikan bahan diskusi panjang dengan rekan partai di daerah bagaimana menggerakkan Demokrat ke depan.

Baca juga :  Kerena Ini, Legislatif Pesimis APBD Bangli 2021 Bisa Selesai Akhir November 2020

Demokrat, klaimnya, saat ini mulai menanjak dan akan bangkit seperti kejayaannya 10 tahun lalu. Hal ini diduga membuat banyak pihak eksternal ingin merebut.

“Kami tegak lurus dengan perintah Ketum AHY. Kami akan tetap jaga kondusivitas dan soliditas partai, dan ingin membawa Demokrat kembali ke khitahnya, yakni partai inklusif, nasional religius, dan terbuka untuk semua orang,” urainya menandaskan. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.