Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Bakbakan-Bangli

  • Whatsapp
EVAKUASI pohon tumbang yang menutup jalan di Banjar Angkling, Desa Bakbakan, Gianyar. Foto: adi
EVAKUASI pohon tumbang yang menutup jalan di Banjar Angkling, Desa Bakbakan, Gianyar. Foto: adi

GIANYAR – Hujan yang mengguyur wilayah Gianyar tiga hari terakhir ini, menghadirkan bencana pohon tumbang disertai tanah longsor di Banjar Angkling, Desa Bakbakan, Kamis (5/8/2021). Peristiwa ini mengakibatkan akses jalan dari Bakbakan menuju Kabupaten Bangli tertutup. Akses jalan baru dapat dilalui kembali setelah ditangani petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, karena tanah labil, pohon belayur sepanjang 15 meter dan diameter 80 centimeter tersebut tumbang sekitar pukul 06.40 Wita. Selain pohon tumbang, tanah di bawah pohon juga ikut longsor dengan ketinggian material tanah yang menutupi jalan mencapai satu meter. Kondisi ini yang membuat akses Jalan Angkling menuju Apuan, Bangli tidak bisa dilalui dalam waktu relatif lama.

Bacaan Lainnya

Kepala BPBD Gianyar, Ida Bagus Suamba, mengatakan, dia langsung mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) beserta armada dan perlengkapan begitu mendapat laporan kejadian. “Atas kerja keras dan dibantu aparat desa bersama masyarakat, akses bisa kami normalkan pada pukul 11.30 Wita. Tidak ada korban dalam peristiwa ini karena dalam masa PPKM, sehingga tidak banyak yang beraktivitas di jalan,” jelasnya.

Baca juga :  PAW Anggota DPRD Jembrana Dilantik, Bupati Tamba Harap Jaga Suasana Kondusif

Meski beberapa hari ini cuaca di Gianyar relatif ekstrem, dengan hujan turun hampir sepanjang hari, tapi jumlah kejadian tidak banyak. Bencana yang terparah sampai saat ini hanya pohon tumbang itu. Dulu, tuturnya, kalau situasi seperti ini, bencana yang mendominasi adalah pohon tumbang. “Namun, karena kami selalu menyosialisasikan ke masyarakat agar memangkas atau menebang pohon tua yang berpotensi tumbang, sehingga saat ini bisa diminimalisir,” pungkasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.