Pohon Tumbang Hambat Jalur Kintamani-Singaraja

  • Whatsapp
PERSONEL Polsek Kintamani, BPBD Bangli, dan TNI melakukan pembersihan pohon tumbang yang sempat menghambat jalur Kintamani-Singaraja. Foto: ist
PERSONEL Polsek Kintamani, BPBD Bangli, dan TNI melakukan pembersihan pohon tumbang yang sempat menghambat jalur Kintamani-Singaraja. Foto: ist

BANGLI – Bencana alam gegara hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Selasa (14/12/2021) sekitar pukul 04.00 Wita. Arus lalu lintas Kintamani-Singaraja akhirnya sempat terganggu karena pohon menghalangi aksesibilitas. Polsek Kintamani, BPBD Bangli dan TNI membersihkan pohon tumbang tersebut, sedangkan polisi lalu lintas diturunkan untuk mengatur arus lalu lintas di lokasi.

Kapolsek Kintamani, AKP Benyamin Nikijuluw, membenarkan adanya laporan pohon tumbang tersebut. Kayu hutan berukuran besar tersebut, sebutnya, tumbang melintang di jalan yang mengakibatkan terhambatnya arus lalu lintas. “Kini kayu tersebut telah bisa disingkirkan, dan arus kembali normal,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Meski insiden tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, dia tetap mengimbau masyarakat berhati-hati saat melintas di jalan raya. “Saat cuaca buruk seperti yang terjadi saat, kami minta warga meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pesannya.

Selain pohon tumbang, hujan deras juga mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik di wilayah Kintamani, sampai menutupi sebagian badan jalan. Seperti di Banjar Binyan Kauh menuju Banjar Munduk Waru, Desa Buahan, tanah longsor diatasi dengan gotong-royong bersama antara aparat pemerintah desa dan masyarakat setempat.

Baca juga :  Sanjaya-Bupati Minahasa Bahas Potensi Wisata

Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf. Gde Putu Suwardana, mengutarakan, pohon tumbang dan tanah longsor hingga menutupi badan jalan itu mengganggu pengguna jalan. Dia mendaku memerintah Babinsa Desa Sukawana dan Babinsa Desa Buahan untuk membantu membersihkan pohon tumbang dan material longsor tersebut. Dia berharap kerja bakti dengan mayarakat itu dapat mempererat tali persaudaraan dan hubungan antara TNI dengan rakyat.

“Kepada warga, dengan cuaca yang ekstrem seperti saat ini, bila bepergian supaya hati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Bila perlu kegiatan di luar rumah ditunda dulu,” ucapnya mengingatkan. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.