PKS-PPP Buka Pintu untuk Ridwan Kamil

  • Whatsapp
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil (dua kanan); bersama Gubernur NTB, Zulkieflimansyah (tengah), saat menghadiri kegiatan internal DPP PKS yang dihadiri Ketua Majelis Syuro PKS, Presiden PKS, Sekjen dan pengurus teras DPP PKS lainnya, Sabtu (4/12/2021). Foto: rul
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil (dua kanan); bersama Gubernur NTB, Zulkieflimansyah (tengah), saat menghadiri kegiatan internal DPP PKS yang dihadiri Ketua Majelis Syuro PKS, Presiden PKS, Sekjen dan pengurus teras DPP PKS lainnya, Sabtu (4/12/2021). Foto: rul

MATARAM – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyatakan diri hendak masuk parpol, dan pernyataan itu disambut sejumlah parpol yang menyilakan politisi independen itu bergabung ke struktur partai. Malah ada yang yang menjanjikan Kang Emil, sapaan akrabnya, untuk langsung sebagai elite partai. Namun, jika memilih PKS, pengistimewaan seperti itu tidak berlaku, karena harus mengikuti proses pengaderan internal. 

Kang Emil menghadiri kegiatan DPP PKS secara tertutup di salah satu hotel berbintang di kawasan Senggigi, Lombok Barat bersama Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Sabtu (4/12/2021). Hadir juga para gubernur serta kepala daerah se-Indonesia yang diusung dan dimenangkan PKS pada Pilkada 2020 lalu. Pada kesempatan itu, Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, berujar partainya selalu siap menerima siapa saja bergabung.

Bacaan Lainnya

“PKS selalu terbuka, tapi di PKS siapa pun masuk mesti melalui proses pengaderan. Semua tidak ada yang diistimewakan, karena kita semua mesti jadi kader yang berkualitas, dan kualitas tidak bisa dikarbit,” tegasnya.

Terkait peluang mengusung Ridwan Kamil pada Pilpres 2024, Mardani menegaskan partainya masih fokus mengusung Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri. Hanya, dia tak memungkiri semua kader diberi kesempatan juga.

Baca juga :  Disesalkan, Ketua BUMDes Sadu Amertha Desa Tirtasari Jadi Tersangka Korupsi

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, menilai Ridwan Kamil bisa langsung menjadi elite di partainya jika serius bergabung, tanpa harus berkompetisi dengan kader lain. PPP disebut membuka pintu selebar-lebarnya jika Ridwan Kamil ingin bergabung. “Insya allah kalau di PPP orang dengan kapasitas seperti Kang Emil akan langsung menjadi elite partai, tidak banyak berkompetisi dengan kader yang lain,” jelas Arsul dalam siaran tertulisnya, Sabtu (4/12/2021).

Arsul mendaku, di PPP sangat jarang orang yang memiliki kemampuan seperti Ridwan Kamil. Atas dasar itu, menurut Arsul akan sangat mudah bagi Ridwan Kamil masuk jajaran elite PPP. Dia tak memungkiri bisa dihitung dengan jari orang-orang yang memiliki latar belakang intelektual, keilmuan dan teknokratis seperti Kang Emil. Dibandingkan dengan partai lain yang orang-orang dengan background seperti itu banyak, tentu harus terjadi kompetisi internal ketat untuk bisa tampil di depan.

Arsul menilai Ridwan Kamil sebagai sosok yang memiliki kemampuan memimpin yang baik, selain mampu membangun organisasi lebih baik lagi. Di PPP, sambungnya, orang-orang seperti Ridwan Kamil juga akan tertantang membuktikan kepemimpinannya dengan membangun organisasi dan jaringan kepartaian yang lebih baik. Jika itu terbukti, maka akan menjadi modal bahwa siapapun, termasuk Kang Emil, dapat diyakini memiliki kemampuan kepemimpinan yang terbukti. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.