PKK Denpasar Dorong Pemanfaatan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan dan Peningkatan Ekonomi

  • Whatsapp
KETUA Tim Penggerak PKK Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara, didampingi Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, A.A. Bayu Brahmasta dan Ni Nyoman Sri Utari, serta pihak CSR, saat menyerahkan bantuan bibit tanaman, Jumat (30/4/2021). foto: ist

DENPASAR – Menopang penguatan ekonomi keluarga dalam ketahanan pangan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Denpasar bersama masyarakat getol dalam pengembangan halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK.

Kunjungan dan penyerahan bantuan bibit tanaman di setiap kelompok dan lingkungan warga di beberapa kecamatan menjadi motivasi bersama Ketua TP PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Wakil Ketua Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, difasilitasi Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Denpasar, AA. Bayu Brahmasta dan Kadis Perindag Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari, hingga perbekel/kelurahan, Jumat (30/4/2021).

Bacaan Lainnya

Sinergitas dari Coorporate Sosial Responsibility (CSR) dari Astra Group dan Astra Daihatsu terlibat dalam pengembangan Hatinya PKK Denpasar dalam pemanfaatan pekarangan, budidaya, dan kebersihan lingkungan.

Kunjungan diawali di Kelurahan Sumerta Kecamatan Denpasar Timur. Disana, Antari Jaya Negara dan Ayu Kristi Arya Wibawa menyerahkan ratusan bantuan bibit tanaman pangan kepada kelompok “Kebun Tali Kasih” Lingkungan Ketapian Kelod, Kelurahan Sumerta. Dilanjutkan ke Kelompok binaan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar di Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja.

Antari Jaya Negara mengaku termotivasi atas ketekunan warga melaksanakan pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan hingga budidaya ikan lele. “Kami termotivasi dengan semangat dan kreativitas salah satu kelompok warga masyarakat di Banjar Tegeh Sari dalam melakukan pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan hingga budidaya,” ujarnya.

Baca juga :  Update Covid-19 Kota Denpasar, Pasien Sembuh 18 Orang dan Positif 15 Orang, Kelurahan Ini Catat Penambahan Kasus Positif

Hal ini, tambahnya tidak terlepas dari sinergitas bersama, dari peran serta CSR hingga penggiat peduli lingkungan, merangkul warga dan memotivasinya terkait ketahanan pangan dan penguatan ekonomi keluarga.

Antari Jaya Negara menmbahkan, 10 program pokok PKK disinergikan dengan OPD sebagai upaya gerak cepat dalam membantu pemerintah supaya program PKK bisa tersentuh langsung dengan masyarakat di bawah. Melalui sinergitas dengan OPD dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat, seperti mengatasi stunting dan kurang gizi.

Seperti dalam kelompok yang berada di wilayah Kelurahan Tonja ada sebuah usaha bersama dalam kepedulian lingkungan. Pengolahan tanaman pangan menjadi makanan siap saji seperti keripik bayam yang diolah sangat apik dan dikemas baik. Diharapkan hal ini terus dilakukan pembinaan dalam desain kemasan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar.

“Dari bantuan tanaman yang diserahkan kali ini diharapkan bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam, secara tidak langsung hasilnya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” harap Antara Jaya Negara seraya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diserahkan dari CSR Astra Group dan Astra Daihatsu. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.