Pimpinan DPRD Kota Denpasar Ucapkan “Rahajeng Galungan dan Kuningan”

  • Whatsapp
Dari kiri ke kanan :Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Wakil Ketua I Wayan Mariyana Mandhira, Wakil Ketua I Made Mulyawan Arya dan Wakil Ketua AA Ketut Asmara Putra.
Dari kiri ke kanan :Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Wakil Ketua I Wayan Mariyana Mandhira, Wakil Ketua I Made Mulyawan Arya dan Wakil Ketua AA Ketut Asmara Putra.

Umat Hindu akan merayakan hari raya Galungan pada Rabu Kliwon Dungulan, 19 Februari 2020, sebagai hari kemenangan dharma melawan adharma yang dirayakan setiap enam bulan (210 hari). Sepuluh hari setelah Galungan tepatnya pada Sabtu Kliwon Kuningan, 29 Februari 2020, umat Hindu merayakan hari raya Kuningan.

Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, bersama Wakil Ketua I Wayan Mariyana Wandhira, I Made Muliawan Arya, dan AA Ketut Asmara Putra, mengajak seluruh masyarakat Kota Denpasar agar senantiasa merayakan Galungan dan Kuningan dengan penuh kebersamaan dan kekeluargaan. Melalui hari raya ini diharapkan masyarakat Kota Denpasar tetap mengedepankan manyama braya, toleransi, gotong-royong guna menjaga persatuan dan kesatuan yang selama ini sudah terjalin dengan baik di Kota Denpasar.

Bacaan Lainnya

Menurut Ngurah Gede, pelaksanaan hari raya keagamaan apa pun, harus bisa menjadi momentum bagi umat beragama untuk meningkatkan pengamalan dharmaning agama dan dharmaning negara menuju kesejahteraan dan kebahagiaan hidup. “Jadikanlah spirit hari suci Galungan dan Kuningan ini menjadi modal pembangunan Kota Denpasar. Seluruh masyarakat Kota Denpasar harus bersatu-padu membangun kota ini untuk mencapai kemajuan bersama,” katanya.

Ketua DPRD Kota Denpasar menambahkan, pembangunan Kota Denpasar akan berjalan baik jika didukung hubungan yang harmonis antarumat bergama dan intern umat beragama dengan pemerintah. Untuk itu, ia mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar selalu menjaga kerukunan. “Pimpinan dan anggota DPRD Kota Denpasar ngaturang rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi krama Denpasar sareng sami mangguhin karahajuan lan karahajengan,” ujar Ngurah Gede.

Baca juga :  RSUP Sanglah Rawat 12 Pasien dalam Pengawasan

Merebaknya isu virus Afrika Swine Fever (ASF) yang menyerang ternak babi di Bali menjelang hari raya Galungan kali ini juga menjadi perhatian pimpinan DPRD Kota Denpasar. I Gusti Ngurah Gede berpesan kepada masyarakat Kota Denpasar agar tidak takut mengonsumsi daging babi asal dagingnya tersebut diolah dan dimasak dengan baik. “Masyarakat Denpasar tak perlu takut makan daging babi. Terpenting babi yang dipotong sehat dan pengolahannya tepat,” tegasnya.

Terkait adanya isu virus Corona yang saat ini sudah menyebar di beberapa negara di dunia, pimpinan DPRD Kota Denpasar meminta semua umat tetap menjaga kesehatan dan kebersihan di lingkungan masing-masing. Selain tentunya memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar senantiasa dijauhkan dari berbagai penyakit dan bencana. “Semoga hari raya Galungan dan Kuningan ini berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya. rap/adv

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.