Pilgub NTB Kemungkinan Terjadi Tiga Poros, Gita-Iqbal Dinilai Berebut Poros Ketiga

Ali Bin Dachlan. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, MATARAM – Sebanyak tiga poros diprediksi akan tampil dalam Pilgub NTB 2024. Pandangan itu dikemukakan mantan Bupati Lombok Timur (Lotim) dua periode, Ali Bin Dachlan, merujuk elektabilitas hingga dukungan parpol dan massa yang dimiliki para bakal calon gubernur.

“Mereka itu Sitti Rohmi Djalillah, Zulkieflimansyah, dan antara Lalu Muhammad Iqbal atau Lalu Gita Ariadi,” kata Ali BD, Sabtu (22/6/2024).

Bacaan Lainnya

Jika melihat potensi yang terlihat, sebutnya, sudah ada dua pasangan calon terbentuk, yakni Sitti Rohmi Djalilah berpasangan dengan Bupati Sumbawa Barat, Musyafirin; Zulkieflimansyah bersama mantan Bupati Lombok Tengah dua periode, Suhaili FT. “Untuk poros ketiga akan diperebutkan antara Lalu Iqbal dengan Lalu Gita,” tegasnya.

Alasan menyebut Gita dan Iqbal sedang memperebutkan poros ketiga, terangnya, karena keduanya kini terus bersaing untuk memperebutkan dukungan partai untuk bisa melengkapi persyaratan mendaftar ke KPU. Bila ingin sempurna sampai habis akan ada lima pasangan.

“Yang ada di DPRD NTB kan 65 (kursi). Itu dibagi lima kan sama-sama 13. Tapi kayaknya sulit, karena ada paslon yang bakal meraih kursi lebih dari itu,” paparnya tanpa merinci lebih detail.

Baca juga :  BMKG Imbau Warga Waspada Potensi Gempa Besar

“Poros ketiga itu bisa saja antara Lalu Iqbal dan Lalu Gita yang kini berebut dukungan. Mereka bisa saja kalau mau berbagi akan mendapat jumlah minimal kursi, sehingga berpeluang terciptanya empat pasangan calon. Tapi ini kalau mereka mau berbagi, kalau masih seperti sekarang kayaknya akan tetap tiga poros saja,” tandasnya bernada yakin. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.