Piala AFF 2022 : Indonesia Siap Tempur, Shin Tae-yong Sebut Filipina Berpotensi Beri Kejutan

PARA pemain Timnas Indonesia berlatih menjelang hadapi tuan rumah Filipina dalam laga terakhir Grup A Piala AFF 2022, di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Minggu (1/1/2023). foto: ist

MANILA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong meminta para pemainnya menganggap laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 versus Filipina sebagai partai final. Kedua tim akan bertarung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023) malam pukul 20.30 Wita,

“Kami tidak akan lengah saat menghadapi Filipina. Kami akan memberikan yang terbaik seperti final,” ujar Shin dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/1/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, meski dipastikan tidak lolos ke babak berikutnya, Filipina masih berpotensi menghadirkan kejutan. Apalagi, skuad berjuluk The Azkals bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Mereka pun sudah akrab dengan kondisi lapangan artifisial Stadion Rizal Memorial. “Jadi kami mesti berhati-hati dan tampil maksimal,” tutur Shin.

Soal kesiapan timnya, Shin yakin kualitas penyelesaian akhir (finishing) skuadnya akan membaik seiring banyaknya pertandingan yang mereka lewati. “Semakin bertanding, pastinya ‘finishing’ semakin baik. Saya mohon dukungan penuh untuk timnas Indonesia menjadi lebih baik,” ujarnya.

Meski demikian, tambah dia, hal tersebut bukan berarti mereka tidak memperbaiki efektivitas di depan gawang dalam setiap latihan. Ia mengaku terus mengasah kemampuan pemainnya dalam setiap kesempatan dengan harapan mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menang.

Baca juga :  Polres Klungkung Koordinasikan Temuan Pratima ke Polda Bali

Kualitas “finishing” Timnas Indonesia pada tiga laga Grup A Piala AFF 2022 mendapatkan sorotan lantaran dianggap tidak efektif. Saat melawan Kamboja, 23 Desember 2022, Indonesia memang menang 2-1 tetapi dua gol tersebut datang dari 16 tembakan ke gawang, di mana delapan di antaranya tepat sasaran.

Kemudian, kala menundukkan Brunei Darussalam 7-0, 26 Desember 2022, Indonesia menghasilkan total 26 percobaan, setengah di antaranya mengarah ke gawang. Terkini, 29 Desember 2022, Indonesia yang mengarahkan tiga percobaan ke tepat ke gawang harus bermain imbang 1-1 dengan Thailand.

Padahal, dalam laga itu, Thailand cuma menghasilkan satu sepakan pas. Karena itu, Shin Tae-yong tidak mau situasi serupa terjadi waktu timnya bersua Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022.

Sementara itu, gelandang Timnas Indonesia Ricky Kambuaya menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya sudah siap tempur melawan Filipina. Soal rumput buatan yang diperkirakan menjadi masalah, bagi Ricky bukanlah persoalan.

“Kami sudah mencoba lapangan dan, sebagai pemain timnas, kami siap merebut poin penting,” kata pemain berusia 26 tahun itu, seperti dilansir posmerdeka.com dari antaranews.

Partai itu penting bagi Indonesia karena akan menentukan langkah ke fase berikutnya. Indonesia akan menyegel slot di semifinal jika mampu menahan imbang atau menang atas tuan rumah Filipina pada laga terakhirnya di Grup A.

Untuk menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan melawan Kamboja, pada hari yang sama. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.