PHDI Sikapi Aspirasi Nama Ibu Kota Bangli

  • Whatsapp
KETUA PHDI Bangli, I Nyoman Sukra. Foto: gia
KETUA PHDI Bangli, I Nyoman Sukra. Foto: gia

BANGLI – Belakangan ini muncul aspirasi untuk mengganti nama Ibu Kota Bangli dari masyarakat, dengan sejumlah tokoh masyarakat, termasuk kalangan puri, mengusulkan sejumlah nama ke Bupati Bangli. PHDI Bangli, Minggu (2/5/2021) menggelar pertemuan menyikapi pelbagai aspirasi tersebut.

Ketua PHDI Bangli, I Nyoman Sukra, membenarkan lembaganya menggelar pertemuan untuk pembahas penamaan Ibu Kota Bangli. “Kami tadi memang menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat, ada Dane Jro Gede Batur Mekalihan,” sebutnya.

Bacaan Lainnya

Pertemuan itu, sebutnya, menghasilkan enam usulan untuk nama ibu Kota Bangli, yakni Ranu Pura, Wijaya Nagari, Raktakara Pura, Nahamerta Pura, Singhamandawa dan Cintamani. Kata dia, PHDI hanya bertugas menampung aspirasi dan masukan dari para tokoh masyarakat itu.

Soal seberapa urgen pembahasan nama Ibu Kota Bangli, dia mengungkap itu merupakan respons atas hasil pertemuannya dengan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, terkait ada usulan atau aspirasi dari masyarakat bawah. Sebelumnya Puri Agung Bangli juga mengusulkan tiga nama, yakni Arumpura, Prameswara Pura dan Sukha Pura.

Usulan tiga nama itu, ungkapnya, disampaikan di Pura Kehen. Hanya, mereka menyebut usulan nama itu bolah dipakai, boleh juga tidak. Semua kembali kepada keputusan Bupati dan kesepakatan masyarakat. “Atas dasar itulah, untuk menampung aspirasi lain dan menghindari adanya pertanyaan berlebih dari masyarakat, PHDI bersama majelis mempunyai inisiatif melakukan pembahasan usulan nama Ibu Kota Bangli,” paparnya.

Baca juga :  Kadistanbun NTB Jadi Tersangka Korupsi

Enam nama yang dihasilkan dalam paruman PHDI, imbuhnya, segera disampaikan kepada Bupati Bangli. Semua nama yang diusulkan itu, jelasnya, mempunyai sumber data, prasasti dan dasar sastra serta purana-nya. Yang dipakai acuan yakni Purana Pura Dalem Balingkang, Purana Kehen, Purana Bali Dwipa, Pustaka Bali, Babad Puri Agung Bangli, Purana Batu dan sebagainya. “Usulan yang mana akan diputuskan menjadi nama ibu Kota Bangli, tentu Bupati Bangli juga akan melakukan kajian lebih lanjut,” pungkasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.