Perusda-BUMDes Berpotensi Gerakkan Ekonomi Kerakyatan

  • Whatsapp
BUPATI Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, saat membeberkan kepada para wartawan, soal proses seleksi Dewan Pengawas dan Direksi PUDDS Tabanan, Selasa (16/3/2021). Foto: gap
BUPATI Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, saat membeberkan kepada para wartawan, soal proses seleksi Dewan Pengawas dan Direksi PUDDS Tabanan, Selasa (16/3/2021). Foto: gap

TABANAN – Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya; didampingi Sekda I Gede Susila; dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, AA Dalem Tresna Ngurah, selaku ketua pansel, serta Inspektur Tabanan, membeberkan kepada para wartawan, soal proses seleksi Dewan Pengawas dan Direksi Perusahaan Umum Daerah Dharma Santhika (PUDDS) Tabanan, Selasa (16/3/2021).

Pertemuan di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan itu, Bupati Tabanan selaku pemilik modal menyerahkan wewenang saat membuka acara dan melakukan sesi tanya-jawab kepada ketua pansel. Tresna mengatakan, Bupati Tabanan telah menerbitkan Keputusan Bupati Tabanan Nomor 180/766/01/HK/2021, tentang pembentukan calon direksi dan calon dewan pengawas PUDDS Tabanan.

Bacaan Lainnya

‘’Dengan menerbitkan surat keputusan ini, maka selanjutnya akan dilaksanakan langkah-langkah terkait dengan pelaksanaan seleksi tersebut,” sebutnya.

Sebelumnya, Sanjaya sempat mengatakan bahwa hal itu merupakan momentum dalam melakukan seleksi di PUDDS. Mengingat masa kepengurusan PUDDS berakhir saat dia dilantik menjadi Bupati Tabanan, sehingga dimanfaatkan untuk membangun perusda yang lebih baik lagi untuk berikutnya.

‘’Kebetulan kami bersama Wabup Edi dalam hajatan pemilukada kemarin mengusung visi-misi Nangun Sad Kertih Loka Bali, melalui pola pembangunan semesta berencana untuk mewujudkan Tabanan era baru yang aman, unggul, dan madani. Yang salah satunya menggerakan UMKM dan ekonomi kerakyatan di Tabanan,” lugasnya.

Baca juga :  K9 Polda Bali Pertebal Pengamanan Pelabuhan Padangbai

Untuk itu, Sanjaya mengaku mencoba suatu terobosan baru di Kabupaten Tabanan, yang tidak terlepas dari prosedur dan mekanisme yang berlaku, sehingga sesuai dengan harapan bersama. “Apalagi terkait perusahaan umum daerah, yang merupakan bagian dari Pemkab Tabanan, dengan mengayomi seluruh BUMDes di Kabupaten Tabanan,” ujarnya.

Dikatakan, sehatnya perusahaan umum daerah sangat berdampak terhadap BUMDes dalam melakukan kerja sama. Apa yang jadi harapan, khususnya para petani, UMKM dan usaha kecil lainnya yang ada di desa, melalui BUMDes disalurkan ke perusahaan daerah, yang kemudian dipasarkan ke toko berjejaring maupun keluar daerah, bahkan ke luar negeri.

“Jadi, ada link legalitas antara perusda dan BUMDes, dan bagaimana menyinergikan hubungan BUMDes dengan perusda. Perusda ini vital bagi kita di Tabanan, karena salah satu visi-misi adalah menggerakkan sektor UMKM dan ekonomi kerakyatan,” tandasnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.