Dandim Bangli Luncurkan Pompa Hidram di Penglumbaran, Warga Diajak Merawat

  • Whatsapp
PELUNCURAN pemasangan pompa hidram dilaksanakan di kantor Perbekel Desa Penglumbaran oleh Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf. I Gde Putu Suwardana, Rabu (7/7/2021). foto: ist

BANGLI – Kodam IX/Udayana memasang sebanyak 24 pompa hidram di wilayah Bali-Nusra pada tahap pertama. Untuk tahap kedua kembali dipasang pompa hidram di wilayah Bali-Nusra, salah satunya di Banjar Serai, Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli.

Peluncuran pemasangan pompa hidram dilaksanakan di kantor Perbekel Desa Penglumbaran oleh Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf. I Gde Putu Suwardana, Rabu (7/7/2021). Dalam acara itu hadir Danramil 1626-02/Susut, Kapten Cpl. I Wayan Widana; Kapolsek Susut, AKP I Made Gede Widia Adnyana; Camat Susut, I Nyoman Sedana; dan Perbekel Desa Penglumbaran, I Wayan Artawan.

Bacaan Lainnya

Turut hadir juga Ketua BPD Desa Penglumbaran, I Wayan Suana; Ketua LPM Desa Penglumbaran, I Dewa Made Ariawan; Bendesa Adat Serai Kembang Merta, I Wayan Suasa; Kelian Dinas Serai, I Nyoman Artana, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Penglumbaran.

Dalam sambutannya, Perbekel Wayan Artawan menyampaikan terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, atas bantuan pompa hidram untuk desanya. Bantuan itu dinilai sangat berarti bagi masyarakat Desa Penglumbaran, khususnya Banjar Adat Serai, dalam mengatasi kesulitan masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih.

Dandim Suwardana menambahkan, upaya untuk menjamin ketersediaan kebutuhan air bersih bagi masyarakat merupakan kegiatan nonprogram Kodam IX/Udayana. Caranya dengan memanfaatkan sumber air yang ada menggunakan sistem pompa hidram, kemudian dialirkan menuju tempat yang mudah dijangkau masyarakat. Bantuan pompa hidram ini, jelasnya, merupakan bantuan tahap dua dari Kodam IX/Udayana.

Baca juga :  Kesadaran Memilah Sampah di Klungkung Menurun

“Dengan debit air 10 liter/menit, titik air yang ada di Banjar Serai ini bisa dimanfaatkan dengan pompa hidram untuk memenuhi kebutuhan air bersih sebanyak 123 kepala keluarga, yang terdiri dari 470 jiwa warga,“ jelas Dandim.

Pengerjaan pemasangan pompa hidram ini, terangnya, dilaksanakan selama kurang lebih sebulan yang akan dikerjakan anggota Kodim 1626/Bangli bersama masyarakat setempat. Dandim berharap bantuan tersebut dapat digunakan masyarakat setempat, dan masyarakat diminta merawat sekitar pompa hidram. “Itu agar masa pakai pompa ini bertahan lama, dan dapat memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar dalam waktu panjang,” ajaknya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.