Perbaikan Jalan Tegalalang-Tambahan Diharap Segera Tuntas

ANGGOTA DPRD Bangli, I Wayan Wedana. Foto: ist

BANGLI – Kondisi jalan penghubung antara Lingkungan Tegalalalang, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli dengan Banjar Tambahan, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku hampir dua tahun putus akibat diterjang air bah.

Perbaikan jalan alternatif tersebut dianggarkan tahun 2022, dan DPRD Bangli berharap perbaikan jalan penghubung antarkecamatan itu bisa tuntas tahun ini.

Bacaan Lainnya

Anggota DPRD Bangli, I Wayan Wedana, mengatakan, hampir dua tahun lebih akses jalan yang membelah Sungai Bebengan putus. Sambil menunggu perbaikan dari pemerintah, warga membuat jembatan darurat dari bambu yang hanya bisa dilintasi sepeda motor.

”Jika hujan lebat, tidak ada yang berani menyeberangi jembatan,” ungkapnya, Selasa (19/4/2022).

Menurut Wedana, jalan itu menghubungkan Kota Bangli dengan beberapa dusun/banjar di Desa Jehem, Kecamatan Tembuku. Di antaranya Banjar Tambahan Bakas, Tambahan Tengah, Tambahan Bakas, Pembungan dan Pasekan.

Walaupun tersedia akses jalan lain, tapi jarak tempuh lebih jauh. “Masyarakat harus melalui jalan melingkar yang jarak tempuh lebih jauh, sekitar 4 kilometer,” kata politisi PKPI asal Banjar/Kelurahan Kawan, Bangli ini.

Dengan dialokasikan anggaran perbaikan tahun ini, dia berharap proses pengerjaan bisa tuntas tahun ini. Di samping itu, dalam proses pengerjaan harus dibarengi pengawasan ketat. Estimasi biaya perbaikan jalan di Tambahan-Tegalalalang dan Selati, sesuai kajian Dinas PU, masing-masing butuh Rp1 miliar.

Baca juga :  Dikukuhkan, Komunitas Peduli Sungai Tebar Bibit Ikan dan Tanam Pohon

Semisal dana tak terduga tidak cukup, nanti bisa ditambah. “Kami harap ada kajian terkait penganggaran jalan rusak akibat bencana alam ini, agar kita tidak terlambat dalam melakukan penganggaran,” lugasnya.

Plt. Kabag Pengadaan Barang Jasa (PBJ) Setda Bangli, Ngurah Juli Adi Saputra, mengatakan, kegiatan peningkatan jalan Tegalalang- Tambahan masuk tender. Pagu anggaran kegiatan Rp999 juta, dan proses masuk tahap aanwijzing. ”Awal bulan Mei telah ada calon pemenang, dan akhir Mei sudah tanda tangan kontrak,” ucapnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.